Analisis Fondasi Disposal Tambang Terbuka PT Bara Anugrah Sejahtera, Muara Enim, Sumatera Selatan

Wangga Sebayang, Stevanus Nalendra Jati

Abstract


Aktivitas tambang terbuka pada umumnya memerlukan sebuah tempat untuk membuang tanah penutup (overburden) yang dikenal sebagai disposal. Kestabilan suatu disposal tidak hanya dipengaruhi oleh material disposal tersebut, fondasi juga memiliki peran penting dalam kemantapan suatu disposal. Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis kemantapan disposal PT Bara Anugrah Sejahtera. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menganalisis beberapa parameter yang dianggap berperan penting dalam kemantapan fondasi disposal, yaitu foundation slope, foundation shape, overburden type, undrained failure potential, groundwater, compactness
material, dan groundwater. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data pemboran geotek yang dilakukan pada lima titik. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa fondasi disposal pada daerah penelitian termasuk
dalam kategori cukup baik, hal tersebut dilihat dari bentukan lereng fondasi yang dominan cembung, sudut kemiringan fondasi yang cukup landai dengan rata-rata kemiringan 13,45°, tipe soil yang merupakan alluvial deposit, memiliki potensi rendah untuk terjadi undrained failure yang dilihat dari nilai konduktivitas hidrolik dan porositas material yang termasuk kategori moderate, kondisi fondasi tidak dalam kondisi jenuh (unsaturated), kekompakan material dense hingga very dense, dan bedrock yang cukup fresh serta tidak adanya struktur.


Keywords


disposal; kestabilan lereng; kesetimbangan batas; morgernstern-price; slide

Full Text:

PDF

References


Asmaranto, R., Soemitro, RAA., Anwar, N., 2007. Penentuan Nilai Konduktivitas Hidrolik Tanah Tidak Jenuh Menggunakan Uji Resistivitas di Laboratorium. Jurnal Teknik Perairan. Vol 3 No.1.

Barber, A.J., Crow, M.J., Milsom, J.S., 2005, Sumatra: Geology, Resources and Tectonik Evolution. London: Geological Society Memoir, 282 pp.

Hawley, M., Cunning, J., 2017. Mine Waste Dump and Stockpile Design. Australia: CSIRO Publishing.

Meyerhoff, G. 1957. The Mechanism of Flow Slides in Cohesive soils. Geotechnique 7, 41-49.

Saravanan, S., Parthasarathy, KSS., Sivaranjani, S., 2019. Assesing Coastal Aquifer to Seawater Intrusion: Application of the GALDIT Method to the Cuddalore Aquifer, India. Coastal Zone Management, 233-250.

U.S. Bureau of Reclamation. 1993. Pueblo Reservoir, Sedimentation Survey, Technical Service Center. Colorado.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.2020.981

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan