PERENCANAAN PENAMBANGAN JANGKA MENENGAH DALAM MENCAPAI TARGET PRODUKSI 20.000 TON BATU ANDESIT PT. X

Dhini Andhini, Dedi Yulhendra, Andree Octova

Abstract


PT. X memiliki luas izin usaha penambangan seluas 10 hektar dan dikelilingi oleh tanah penduduk lokal. Permasalahan yang timbul dalam melakukan perencanaan penambangan yaitu bagaimana cara memaksimalkan pembukaan tambang dengan luas yang terbatas dan tidak memiliki dampak yang besar untuk wilayah sekitar yang tidak termasuk dalam lokasi yang sudah memiliki izin pertambangan. PT. X aktif dalam melakukan kegiatan produksi pada bulan Agustus dan memiliki target produksi sebesar 20.000 ton/bulan, tetapi sampai bulan November produksi tertinggi hanya mencapai angka ±13.000 ton batu andesit dalam satu bulannya. Ketidakcapaian ini karena faktor sequence yang tidak sesuai, ketidakteraturan dalam exsavasi, dan faktor sosial. Sehingga untuk mencapai target produksi bulan November sampai Oktober perlu ditingkatkan, salah satunya dengan cara merencanakan suatu penjadwalan penambangan yang sesuai dengan kondisi lapangan PT. X. Alat gali muat utama dalam melakukan gali muat memiliki kemampuan 188.44 ton dalam 1 jam, pada sequence pertama yang memiliki jam kerja efektif selama 241.6 jam mampu memuat sebanyak 45527.57 ton batu andesit. Pada sequence kedua yang memiliki jam kerja efektif selama 252.4 jam mampu memuat sebanyak 47562.74 ton batu andesit. Pada sequence ketiga yang memiliki jam kerja efektif selama 291.75 jam mampu memuat sebanyak 54977.93 ton batu andesit. Pada sequence keempat yang memiliki jam kerja efektif selama 292.85 jam mampu memuat sebanyak 55185.21 ton batu andesit. dalam perencanaan pit di design mangacu kepada kemampuan alat yang artinya jumlah batu andesit yang diangkut mendekati dengan kemampuan alat yang akan memuat.


Keywords


perencanaan; kemampuan alat; desain tambang

Full Text:

PDF

References


Adittio, Koko. (2016). “Rancangan desain Pit untuk quarter kedua tahun 2015 pada tambang batubara PT. Arkananta Apta Pratista”. Padang: Universitas Negeri Padang.

Alpiana. 2010. “Rancangan Desain Tambang Batubara di PT. Bumi Bara Kencana di Desa Masaha Kec. Kapuas Hulu Kab. Kapuas Kalimantan Tengah”. Universitas Muhammadiyah Mataram.

Gunawan, Ketut. 2012. “Disain Tambang Batubara Bawah Tanah dangan Autocad”. Yogyakarta: UPN. “Veteran”. Yogyakarta.

Guntoro, dono, dkk. 2015. “Ketersediaan Alat Mekanis pada Operasi Penambangan Batu Andesit di PT. Mandiri Sejahtera Sentra Kec. Tegalwaru, Kab. Purwakarta Provinsi Jawa Barat”.Bandung: Universitas Islam Bandung.

Hustrulid,W. & Kuchta, M. 1995. Open Pit Planning & Design Volume 1 Fundamentals. Rotterdam: A.A. Balkema.

Indonesianto, Yanto. 2005. “Pemindahan Tanah Mekanis” Yogyakarta: UPN “Veteran”. Yogyakarta.

Intan, annisa. 2014. “Perencanaan Penambangan Jangka Menengah (Quarterly Plan) Nikel Laterit Pada Pit A, B Dan C PT. Gane Permai Sentosa Harita Nickel Pulau Obi, Maluku Utara”. Padang: Universitas Negeri Padang.

Irwandy. 2005. “Perencanaan Tambang”. Bandung: ITB.

Komatsu. Specifications and Aplication Handbook Edition 30. 2004.

Mercury, Andi. 2016. “Perencanaan penjadwalan penambangan batubara pit sena PT. Partner Resource Indonesia jobsite sungai lilin, sumatera selatan”.UNP.Universitas Negeri Padang.

Muliyanto, Amin. Dkk. 2015. “Perencanaan Penambangan Batubara Pit A PT. Amanah Anugerah Adi Mulia Desa Maragut Kec. Dusun Timur Kab. Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah”. Universitas Lambung Mangkurat




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.2020.980

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan