STUDY IMPLEMENTASI ISPS CODE PADA PELABUHAN DILI TIMOR-LESTE

Agosto Taequi, Minto Basuki

Abstract


Keamanan dan keselamatan pada kapal dan fasilitas di pelabuhan Dili, Timor-Leste merupakan hal yang sangat penting bagi kunjungan kapal-kapal maupun proses bongkar muat barang. Tujuan penelitian ini mengetahui penerapan ISPS (The International Ship and Port Facility Security Code) untuk mengurangi risiko-risiko terhadap keamanan dan keselamatan pelabuhan. Data untuk analisis berdasarkan data data lapangan yang berkaitan dengan penerapan ISPS di pelabuhan Dili Timor-Leste. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan metode FMEA (Failure Mode and Effect Analysis). Hasil analisis di dapatkan bahwa langkah-langkah perlindungan keamanan dan keselamatan fasilitas di pelabuhan Dili Timor-Leste masih minimum yang harus ditingkatkan dengan menggunakan kartu pengenal berupa Id card dan proses keluar masuk sesuai prosedur di pelabuhan Dili Timor-Leste. Semakin ramainya di pelabuhan Dili Timor-Leste maka harus di tambahkan dengan pos-pos penjaga keamanan.


Keywords


FMEA; ISPS; Kunjungan Kapal; Pelabuhan Dili Timor-Leste

Full Text:

PDF

References


Bhanda, V., S., Basuki, M., dan Margareta, M., Z., B., (2019), Study Perencanaan Penerapan ISPS Code Di Pelabuhan Ippi, Ende Surabaya,

Prosiding SEMINAKEL 2019, FTIK, UHT Surabaya.

Biro Klasifikasi Indonesia, Persyaratan ISPS Code.

Kardiman, (2006), Barang dan jasa akan lebih berguna dan lebih bermanfaat bila telah sampai pada konsumen dan dapat dinikmati.

Kusuma A. C., (2011), Penerapan ISPS Code di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Jawa Tengah Skripsi, Bahari Jogja, Semarang.

Mangkunegara, A., P., (2003), Perencanaan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia, PT. Refika Aditama.

Moleong, L., J., (2000), Metode Penelitian Kualitatif, Remaja Rusdakarya. Bandung.

Kurniawan, R., I., (2009), Pengaruh Pelatihan Terhadap Kesiapan Ancaman Keamanan Di Atas Kapal Tanker MT Balongan PT. Pertamina (Persero) Jakarta: Perkapalan Jakarta.

Suyono. (2007), Shipping Pengangkutan Intermodal Ekspor Impor Melalui Laut, Edisi Keempat, PPM, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.2020.979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan