PENGARUH PENAMBAHAN TAILING BAUKSIT TERHADAP UJI KUAT TEKAN DAN KADAR LOGAM BESI PADA PEMBUATAN PAVING BLOK

Yudho Dwi Galih Cahyono, Esti Kusdarini, Citro Handoyo C

Abstract


selama ini Tailing bauksit hanya digunakan sebagai bahan timbunan yang kurang bernilai ekonomis. Maka dibuat penelitian tentang pencampuran bahan tailing bauksit dalam pembuatan Paving Block untuk mengetahui kuat uji tekannya dan kadar logam besi (Fe) terlarut pada Paving Block. Dari hasil pengujian kuat tekan komposisi variasi pada sampel Paving Block kode B memiliki kuat tekan rata-rata lebih tinggi dari sampel lainnya yang menggunakan komposisi tailing yaitu sebesar 18,32 MPa dan untuk sampel Paving Block pada kode B sampai dengan kode D masuk dalam klasifikasi mutu B (SNI 03-0691-1996) untuk pelataran parkir, Dari hasil penelitian uji kadar logam besi (Fe) yang terdapat pada sampel tailing bauksit sebesar 13,99 % sebesar 69,95 mg mengalami penurunan kadar logam (Fe) terlarut sebesar menjadi 3,67% setelah dijadikan sampel Paving Block pada kode B dengan komposisi bahan 30% Semen, 60% Pasir, 10% Tailing Bauksit

Full Text:

PDF

References


Muzdaleni.2011.Analisa Kandungan Logam Berat Pb Dan Fe Dengan Metode Spektofometri Serapan Atom Terhadap Ikan Sarden Di Pekanbaru. Fakultas Tarbiah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Pekanbaru.

Muchtar Aziz dan Azhari. 2014. Pembuatan Bahan Geopolimer Berbasis Residu Bauksit untuk Bahan Bangunan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral dan Batubara. Bandung.

Parulian, Alwin. 2009. Monitoring dan analisa kadar Alumunium (Al) dan Besi (Fe) pada pengolahan Air minum PDAM Tirtana di Sunggal, Medan

Santi Maya, dan Aqla Syarifah. 2017. Pemanfaatan Tailing Bauksit Sebagai Bahan Campuran Pengganti Pasir Pada Pembuatan Paving Block.Jurusan Teknik Pertambangan Politeknik Negeri Ketapang.Kalimantan Barat.

Tjokrodimuljo, K., 2007, Teknologi Beton, Biro Penerbit Teknik Sipil Keluarga Mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.2019.823

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan