STUDI KELAYAKAN PEMBANGUNAN GALANGAN KAPAL KAYU DI KAWASAN KABUPATEN SUMENEP KECAMATAN KALIANGET DITINJAU DARI ASPEK TEKNIS DAN EKONOMIS

Ilham Prastyo1, Minto Basuki2, Erifive Pranatal

Abstract


Sumenep merupakan kota pesisir di ujung pulau madura sebagian besar mata pencaharian masyarakat sumenep adalah sebagai nelayan. Untuk menunjang pekerjaan mereka sebagai nelayan, kapal kayu dan kapal layar motor sangat berperan besar agar roda perekonomian para nelayan tersebut berjalan dengan baik dan lancar. Namun banyaknya jumlah kapal kayu dan kapal layar motor di Kabupaten Sumenep tidak diimbangi dengan kapasitas penunjang galangan kapal baru dan reparasi. Oleh karena itu perencanaan pembangunan galangan kapal kayu dan reparasi sangat di butuhkan untuk menunjang kebutuhan nelayan di kota tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mencari potensi pasar untuk galangan kapal kayu, dan juga merencanakan pembangunan galangan kapal kayu di tinjau dari aspek teknis dan ekonomis di Kabupaten Sumenep. Metode yang di gunakan untuk mencari potensi pasar adalah menggunakan pengamatan langsung. Untuk merencanakan aspek teknis menggunakan metode expert judgemen dan untuk analisa ekonomis menggunakan metode analisa kelayakan investasi. Hasil yang didapat potensi pasar untuk galangan kapal kayu sebesar 56 pertahun, untuk perencanaan lahan membutuhkan 6250 m2 dengan ukuran slipway 1 buah ukuran 75 x 5m dan total investasi yang diperlukan adalah sebesar Rp11.322.340.000. galangan kapal kayu akan mencapai titik impas (Break Event Point) pada tahun ke-10.

Keywords


Galangan kapal kayu; menbangun galangan kapal baru; kapal kayu

Full Text:

PDF

References


B. Saputra, I. Mulyatno, and W. Amiruddin,2017 “Studi Perancangan Galangan Kapal untuk Pembangunan kapal baru dan perbaikan di area pelabuhan pekalongan”, teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro.

Cornick, H. f. 1968. Dock and Harbour Engineering. Vol 1 The Design Of Dock, 2nd Edition. London: Charles Griffin & Company.

Firgananta, Jaumar dwi. Minto Basuki, Maria margareta zetbi. 2019, Pengembangan Industri Galangan Kapal Rakyat di Daerah Paciran, Lamongan untuk Meningkatkan Kapasitas Produksi Kapal Penangkap Ikan Nasional ditinjau dari segi Teknis, prosiding Seminar Nasional Kelautan XIV, Universitas Hang Tuah, Surabaya.

Haris A. 2018. Analisa Strategi Pemasaran dalam Peningkatan Penjualan Kapal Pada PT. Industri Kapal Indonesia (Persero) Makassar.

Kristiawan, S. D. (2005). Perencanaan Pembangunan Galangan Kapal Di Kawasan Banyuwangi. Surabaya: FTK ITS.

Latif S. 2017. "Analisa Teknis dan Ekonomis Pembangunan Galangan kapal untuk Produksi fpu (floting production unit)”.

Nanda Dirza Kurniawan, 2018 Galangan Kapal Kayu di Kawasan Benkalis, Riau, Presiding Seminar Nasional ITN Malang. Teknik Perkapalan FTK Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Patudungan, N. 2004. Analisa Teknis Dan Ekonomis Pembangunan Galangan Reparasi Kapal Di Pontianak. Surabaya: FTK ITS.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.2020.1083

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan