PERANCANGAN KAPAL FERRY UNTUK DAERAH PENYEBERANGAN DILI DAN PULAU ATAURO (TIMOR-LESTE)

Mercia Pascoela Gacia Guteres, Minto Basuki, Erifive Pranatal

Abstract


Pulau Atauro merupakan pulau terpisah dari wilayah Timor-Leste, oleh karena itu memerlukan sarana transpostasi laut untuk membawa penumpang,barang, dan kendaraan. Tujuan dari penelitian ini adalah perancangan kapal Ferry untuk daerah penyeberangan Dili dan Plulau Atauro. Data untuk analisa didapatkan dari hasil survey di yang dilakukan yaitu rata-rata penumpang 341 orang, rata-rata barang 2 ton, rata-rata kendaraan roda dua 5 dan kendaraan roda empat 5. Hasil survey tersebut dijadikan paremeter dalam penetuan utama kapal penyeberangan Dili dan Pulau Atauro. Dalam perancangan kapal ini digunakan metode kapal pembandingan yang merupakan metode perancangan kapal yang mensyaratkan adanya satu kapal pembandingan dengan tipe yang sama dan telah memenuhi kriteria perancangan. Hasil perhitungan menggunakan metode kapal pembanding, makan didapatkan ukuran utama kapal: L = 33.93 m, B = 9.75 m, H = 2.92 m, T = 1.95 m untuk tipe kapal yaitu Kapal Ferry.

Keywords


Ukuran Utama;Transportasi Laut;Comparasion Method; Perancangan Kapal

Full Text:

PDF

References


Mandaku H. (2010). Analisis Kebutuhan Transportasi Penyeberangan Pada Lintasan Waipirit-Hunimua. Jurnal ARIK. Vol. 4(2):1 36.

Muslihati. (2011). Formulasi Tarif Angkutan Penyeberangan Perintis. Prosiding Seminar Nasional Teori dan Aplikasi Teknologi Kelautan (SENTA). Halaman A 12-17.

Papanikolaou, A. D. (2011). Holistic Design and Optimisation Of High-Speed Marine Vehicles. The 9th HMSV Symposium, IX HSMV 25 - 27 May 2011. Naples, Italia.

Kartini YH, Widiyatmoko MRDS. 2013. Kajian Penggunaan Moda Transportasi Sungai di Kota Jambi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Sari RP. (2008). Pergeseran Pergerakan Angkutan Sungai di Sungai Martapura Kota Banjarmasin.(Tesis). Semarang: Universitas Diponegoro.

Younis, G. M. (2011). Techno-Economical Optimization for River Nile Container Ships. Journal Brodo Gadja. Vol. 62 No. 4. Halaman 383 - 395.

Zaky, Moch. (2012). Analisa Keselamatan Kapal Feri Ro-Ro Ditinjau Dari Damage Stability. Jakarta: Biro Klasifikasi Indonesia, Penelitian Mandiri.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.2020.1082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan