PENGARUH VARIASI ARUS PENGELASAN SMAW UNTUK POSISI PENGELASAN 1G PADA MATERIAL BAJA KAPAL SS 400 TERHADAP CACAT PENGELASAN

Ranu Yudistira Pratama, Minto Basuki, Erifive Pranatal

Abstract


Pengelasan (welding) adalah suatu teknik penyambungan logam dengan cara mencairkan logam induk dan logam pengisi dengan atau tanpa logam penambahan dan membentuk logam yang kontinyu. Salah satu jenis pengelasan yang paling sering digunakan dalam industri perkapalan adalah SMAW (Shielded Metal Arc Welding) yaitu proses pengelasan dengan cara mencairkan material dasar atau logam induk dan elektroda (bahan pengisi). Didalam penelitian ini dilakukan analisa kekuatan tarik dan cacat las yang terjadi pada sambungan butt joint dengan tipe pengelasan SMAW pada material baja ASTM SS 400. Uji cacat las yang paling banyak pada pengelasan 1G adalah cacat las Porosity,Undercut,Spatter yang disebabkan oleh cepatnya proses pengelasan,tingginya busur pengelasan dan kotoran didaerah kampuh las.

Keywords


Pengelasan; SMAW; Uji tarik; Cacat las.

Full Text:

PDF

References


AISC. (1986). Steel Construction Manual (Fourteenth ed., Vol. 5). USA: American Institute of Steel Construction.

Ardiansyah, R. T., Basuki, M., & Soejitno. (2017). Analisa Cacat Las Pada Pengelasan Butt Joint Dengan Variasi Arus & Posisi Pengelasan. Surabaya: ITATS.

E23-02, A. (2010). Standard Test Methods For Impact Testing Of Metallic Material. Pennsylvania: West Conshohocken.

Masyrukan. (2006). Penelitian Sifat Fisis Dan Mekanisme Baja Karbon Rendah Akibat Pengaruh Proses Pengarbonan Dari Arang Kayu Jati. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Santoso, Joko;. (2006). Pengaruh Arus Pengelasan Terhadap Kekuatan Tarik Dan Ketangguhan Las Smaw Dengan Elektroda E7018. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Soetardjo. (1997). Teknologi Pengelasan Logam. Jakarta: Rineka Cipta.

Wiryosumarto. (2004). Teknologi pengelasan logam. Jakarta: Pradnya Paramita.

Wiryosumarto, H. (2000). Teknologi Pengelasan Logam. Jakarta: Erlangga.

Soetardjo. (1997) Petunjuk Las Asetilin dan Las Listrik. Surabaya: SIC Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.2020.1081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan