ANALISIS PERBANDINGAN METODE SIMULASI SOFTWARE MAXSURF DENGAN METODE MATEMATIS UNTUK PERHITUNGAN HAMBATAN DAN DAYA MESIN UTAMA KAPAL TANKER 6500 DWT

Rizal Rachman, Erifive Pranatal, Pramudya Imawan. S

Abstract


Salah satu faktor dalam memprediksi daya mesin utama adalah hambatan kapal, dan didalam dunia perkapalan memiliki simulasi software yaitu maxsurf resistance, oleh sebab itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan besaran hambatan, daya mesin utama pada kecepatan sampai dengan 12 knots antara perhitungan matematis dengan software maxsurf resistance berdasarkan studi kasus kapal tanker 6500 DWT dengan mesin utama yang akan terpasang berdaya 2942 KW. Metode yang digunakan adalah perbandingan metode hambatan matematis harvald dan simulasi software maxsurf resistance metode holtrop. Dari hasil pembahasan didapatkan kesimpulan dengan menggunakan simulasi software maxsurf resistance hambatan kapal adalah 154.3 kN membutuhkan daya sebesar 2780.272 kW dengan selisih persentase daya antara mesin utama kapal degan simulasi adalah 5.5% pada sea margin 18.80% dan hasil matematis didapatkan hambatan 222,7 kN membutuhkan daya sebesar 2938.7 kW dengan selisih persentase daya antara mesin utama kapal dengan matematis adalah 0.1% pada sea margin 25.138%.

Keywords


hambatan; daya; software masurf; holtro;, harvald; kapal tanker.

Full Text:

PDF

References


Budiyanto, M. Arif. (2010). Efektifitas Penggunaan Bantalan Udara pada Tongkang Pengangkut Batu Split Dalam Mengurangi Tahanan Gesek Kapal. Depok: Teknik Perkapalan. Fakultas Teknik. Universitas Indonesia.

Faradiba, Yulinda. (2015). Analisa Hambatan Pada Kapal Tentramaran Dengan Konfigurasi Jarak Antar Lambung Secara Melintang (S/L). Depok: Teknik Mesin. Fakultas Teknik. Universitas Indonesia.

Harvald, SV. Aa. (1983). Tahanan dan Propulsi Kapal. Terjemahan oleh Jusuf Sutomo, Ir. M.sc. 1992. Surabaya: Airlangga University Press.

Holtrop, J. and Mennen, G.G. (1978). a Statistical Power Prediction Method, International Shipbuilding”, Progress.

Iskendar. (2006). Komponen Gaya Hambatan Pada Kapal Cepat : Jurnal Sains dan Teknologi Indonesia Vol 8 no. 2. Agusutus 2006. Pusat Teknologi Industri dan Sistem Transportasi, Kedeputian Bidang TIRBR, BPPT.

MAXSURF. Resistance. Program & User Manual Bentley Systems. Incorporated. All rights reserved. Copyright © 2017.

Nooryadi, L. (2012). Perhitungan Wave Making Resistance pada Kapal Katamaran dengan Menggunakan CFD : Jurnal Teknik ITS Vol 1. No 1. September 2012. ISSN : 2301-9271

Romadhoni. (2017). Analisa Bentuk Lambung Bulbous Bow Kepala Hiu Martil Terhadap Hambatan Total Kapal : JURNAL INOVTEK POLBENG. VOL. 07. NO. 1. JUNI 2017. EISSN: 2580-2798. Politeknik Bengkalis.

Silaen, Andre Guntur. (2008). Analisa Hambatan Kapal Trimaran Pengangkut Ikan. Depok: Universitas Indonesia.

Sugianto, Erik. dan Arif Winarno. (2017). Computational Model Tahanan Kapal untuk Menentukan Kebutuhan Daya Kapal Bulk Carrier 8664 DWT KAPAL : Jurnal Kelautan. Volume 10. No. 2, 2017. ISSN: 2476-9991 (online). Universitas Trunojoyo Madura.

Utina, M. Ridwan. (2011). Kajian Pengaruh Gelombang Irreguler Terhadap Added Resistance pada Kapal Patroli Cepat 36 M : Jurnal Wave, UPT. BPPH – BPPT Vol. 5, No. 2. 2011.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.2020.1079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan