PERHITUNGAN BERAT KAPAL KOSONG SEBAGAI FUNGSI DARI DAYA MESIN UTAMA

Rifki Fajar, Minto Basuki

Abstract


Kapal Tug Boat adalah tipe kapal tunda (Tugboat) yang beroperasi pada wilayah perairan yang dapat dioperasikan di Pelabuhan, Pelayaran Pantai dan cocok untuk kegiatan penundaan kapal dengan fungsi menarik, mendorong dan menggandeng serta dapat digunakan untuk kegiatan SAR. Kapal Tug Boat memiliki berbagai macam ukuran dan daya mesin yang berbeda tergantung dari permintaan Owner yang memesan kapal berdasarkan kegunaan dan fungsi operasional Kapal Tug Boat tersebut. Pada kapal-kapal kecil diantaranya juga merupakan kapal Tug Boat perhitungan berat kosong kapal dengan jalan pendekatan, hasilnya sangat jauh dengan realitasnya. Perhitungan berat baja badan kapal merupakan basic untuk menghitung Displacement, Perhitungan berat kapal kosong yang terdiri dari berat baja badan kapal, berat mesin kapal, berat perlengkapan kapal dapat diketahui keterkaitan dan hubungannya dengan (Horse Power) HP mesin induk yang diaplikasikan kedalam bentuk metode regresi. Penentuan pembangunan kapal baru Tug Boat berdasarkan kebutuhan (Horse Power) HP mesin induk berat kapal kosongnya dapat diketahui dari hasil metode regresi tersebut.

Keywords


Tug Boat; Berat baja kapal; Regresi

Full Text:

PDF

References


Djaya, Indra Kusna. 2008. Teknik Konstruksi Kapal Baja Jilid I. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, 2008.

Eyres, D.J. 2001. Ship Construction. London : Buttenworth-Heinemann, 2001.

Prasojo, Angga. 2010. Landasan Teori BAB II https://www.academia.edu (diakses 15 Januari)

Eden, Yosafat. 2018. Perencanaan kapal tunda 2x1600BHP, Semarang : Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro 2018.

Maranata, Novia. 2015. Analisa Kekuatan Konstruksi Kapal Tug Boat ARI 400HP dengan metode elemen hingga, Semarang : Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro 2015.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.2020.1072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan