KAJIAN REVEGETASI LAHAN PERTAMBANGAN BATU ANDESIT PT. X

Min Sai’in Nikmah, Yulfiah Yulfiah

Abstract


Perubahan penggunaan lahan tidak akan pernah terlepas dari kehidupan manusia, karena aktifitas manusia akan terus berkembang. Seperti yang dilakukan PT. X, dalam pengembangan usahanya, perusahaan telah mengalihkan lahan perkebunan Kapuk menjadi area pertambangan batu Andesit. Dalam perencanaan, pada akhir kegiatan pertambangan, lahan akan dikembalikan fungsinya melalui kegiatan reklamasi. Oleh karena itu, dibutuhkan studi tentang karakteristik fisik lahan, sebagai acuan kegiatan revegetasi lahan.

Pengumpulan sampel tanah dan pengukuran kapasitas infiltrasi dilakukan pada 12 titik dari tiga area penelitian, yakni area perkebunan, area timbunan tanah penutup, dan area petambangan beserta fasilitas pendukungnya. Pengukuran tektur tanah dilakukan dengan metode mesh dan pipet. Sementara perhitungan kapasitas infiltrasi menggunakan metode Horton.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekstur tanah dominan di daerah penelitian adalah pasir dan pasir berlempung. Sebagai kawasan dengan lapisan impermeable atau kedap air, maka hasil pengukuran kapasitas infiltrasi menunjukkan nilai sangat kecil. Dengan memperhatikan kondisi lingkungan di daerah penelitian, maka direkomendasikan tanaman Kelor sebagai tanaman utama yang dapat digunakan untuk kegiatan revegetasi lahan bekas tambang batu Andesit PT. X.


Keywords


tektur tanah; kapasitas infiltrasi

Full Text:

PDF

References


Askoni, Sarminah, Sri, 2018. Analisis Penentuan Laju Infiltrasi Dan Permeabilitas Pada Beberapa Tutupan Lahan Di Hutan Pendidikan Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman Samarinda. Jurnal Hutan Tropis. Vol 2 (1).

Bintarto R., 1977. Pengantar Geografi Kota. Yogyakarta: Spring.

Bromo, Radar., 2019. 9 bulan pajak galian c di Kab. Pasuruan mencapai 135M. https://radarbromo.jawapos.com/daerah/29/10/2019/9-bulan-pajak-galian-cdi-kab-pasuruan-baru-tercapai-rp-135-m/ (diakses tanggal 4 November 2019)

C. D. Soemarto, 1999, Hidrologi Teknik, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Hanafiah, Ali Kemas, 2014. Dasar-dasar Ilmu Tanah. Jakarta: Rajawali Press.

Hidayat, Wahyu, Rustiadi, dkk., 2015. Dampak pertambangan terhadap pertumbuhan penggunaan lahan dan kesesuaian peruntukan lahan dan kesesuaian peruntukan ruang (studi kasus kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan). Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota vol.26, no.2, hal. 130-146.

Wahyunto, 2001. Studi Perubahan Lahan di Sub Das Citarik, Jawa Barat dan Kali Garang Jawa Tengah. Prosiding Seminar Nasional Multi. Pusat penelitian dan pengembangan tanah dan agroklimat. Bogor

Winarno, F.G., 2018. Tanaman Kelor (Moringa oleiera), Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.2020.1068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan