PERANCANGAN GALANGAN KAPAL UNTUK PEMBANGUNAN DAN REPARASI KAPAL DI DILI TIMOR- LESTE DITINJAU DARI ASPEK TEKNIS DAN EKONOMIS

Julio de Deus Xavier Freitas, Minto Basuki, Pramudya Imawan

Abstract


Timor – Leste merupakan negara yang dalam proses kemajuan di bidang maritim, posisi geografis Timor - Leste yang berada di daerah tropis, di posisi silang antar dua benua (Asia dan Australia). Kabupaten Dili yang merupakan ibu kota Negara Timor - Leste memiliki perkembangan transportasi laut yang cukup pesat, karena adanya pelabuhan utama APORTIL I.P. Laju perkembangan tersebut masih terhambat karena belum adanya galangan kapal yang dapat mereparasi kapal maupun pengadaan bangunan kapal baru. Data yang didapat dalam survey di pelabuhan utama APORTIL I.P adalah kunjungan kapal di Timor – Leste. jumlah rata – rata kapal pertahun = 70 kapal, GT (Gross Tonnage) per kapal 1000 – 1500 GT. Dalam perancangan layout galangan diperlukan lokasi pembangunan galangan kapal yang ditinjau dari dua (2) lokasi dan dipertimbangkan dengan mengunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Dari hasil yang didapatkan dari pertimbangan antara lokasi mengunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process), bobot tertinnggi 1,6 di kabupaten Manatuto yang dipilih untuk pembangunan galangan kapal. Dalam paper ini dilakukan perancangan galangan, untuk reparasi kapal – kapal dan penbangunan kapal baru, ditinjau dari aspek teknis dan ekonomis.

Keywords


Galangan kapal baja; membangun bangunan kapal baru; dan reparasi; aspek teknis; aspek ekonomis

Full Text:

PDF

References


Firgananta, D., J., Basuki, M., dan Margareta, M., Z,. B., (2019), Pengembangan Industri Galangan Kapal Rakyat di Daerah Paciran, Lamongan untuk Meningkatkan Kapasitas Produksi Kapal Penangkap Ikan Nasional Ditinjau Dari Segi Teknis, Prosiding Seminar Nasional Kelautan XIV, Universitas Hang Tuah, Surabaya.

Kurniawan D., N., Basuki, M., dan Soejitno, (2018), Perancangan Galangan Kapal Baja di Kawasan Bengkalis, Riau, Prosiding Seminar Nasional SENIATI, ITN Malang.

Haris A., (2018), “Analisa Strategi Pemasaran dalam Peningkatan Penjualan Kapal Pada PT. Industri Kapal Indonesia (Persero)” Makassar.

Sentralisasi. 7. 43 . 10.33506/sl.v7i1.103. Emanuel da S., M., Basuki M., (2010), “Perancanaan galangan kapal skala kecil di Timor




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.2020.1057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan