PENGARUH SUDUT DEADRISE TERHADAP TAHANAN PLANNING HULL

Erifive Pranatal

Abstract


Tahanan kapal merupakan item yang sangat penting pada desain kapal, karena menyangkut pemilihan mesin utama. Kapal tipe lambung planning memiliki deadrise. Deadrise, ? merupakan kemiringan pelat dasar kapal terhadap sumbu horizontal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi deadrise 10°, 13° dan 18° terhadap tahanan dengan displasemen tetap. Objek penelitian adalah planning hull series 62. Perhitungan ini menggunakan metode persamaan Savitksy dan dibandingakan dengan perhitungan software. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa deadrise 10° menghasilkan tahanan kapal paling kecil, diikuti 13° dan 18°. Hal ini disebabkan deadrise 10° memiliki trim lebih kecil, karena trim yang berlebihan pada kapal akan menghasilkan tahanan yang besar.

Keywords


tahanan kapal; planning craft; persamaan savitksy

Full Text:

PDF

References


Aryawan, W. A., & Putranto, T. E. (2018). The Hydrodynamics Performance of Aquaculture Fishing Vessel in Variation of Deadrise Angle and Sponson.

Molland, A. F., Turnock, S. R., & Hudson, D. A. (2017). Ship resistance and propulsion. Cambridge university press.

Putranto, T., Suastika, K., & Gunanta, J. (2017). Intact Stability Analysis of Crew Boat with Variation of Deadrise Angle. IPTEK Journal of Proceedings Series, 3, 124-127.

Savitsky, D., & others. (1964). Hydrodynamic design of planning hulls. Marine Technology and SNAME News, 1, 71-95.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.2020.1050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan