PENGARUH SUDUT DEADRISE TERHADAP TAHANAN PLANNING HULL
Abstract
Tahanan kapal merupakan item yang sangat penting pada desain kapal, karena menyangkut pemilihan mesin utama. Kapal tipe lambung planning memiliki deadrise. Deadrise, ? merupakan kemiringan pelat dasar kapal terhadap sumbu horizontal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi deadrise 10°, 13° dan 18° terhadap tahanan dengan displasemen tetap. Objek penelitian adalah planning hull series 62. Perhitungan ini menggunakan metode persamaan Savitksy dan dibandingakan dengan perhitungan software. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa deadrise 10° menghasilkan tahanan kapal paling kecil, diikuti 13° dan 18°. Hal ini disebabkan deadrise 10° memiliki trim lebih kecil, karena trim yang berlebihan pada kapal akan menghasilkan tahanan yang besar.
Keywords
tahanan kapal; planning craft; persamaan savitksy
Full Text:
PDFReferences
Aryawan, W. A., & Putranto, T. E. (2018). The Hydrodynamics Performance of Aquaculture Fishing Vessel in Variation of Deadrise Angle and Sponson.
Molland, A. F., Turnock, S. R., & Hudson, D. A. (2017). Ship resistance and propulsion. Cambridge university press.
Putranto, T., Suastika, K., & Gunanta, J. (2017). Intact Stability Analysis of Crew Boat with Variation of Deadrise Angle. IPTEK Journal of Proceedings Series, 3, 124-127.
Savitsky, D., & others. (1964). Hydrodynamic design of planning hulls. Marine Technology and SNAME News, 1, 71-95.
DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.2020.1050
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan