ANALISIS KUALITAS AIR TANAH BERDASARKAN JENIS KANDUNGAN KIMIA FISIK AIR PADA AKUIFER BEBAS CEKUNGAN AIR TANAH (CAT) PALU DI KABUPATEN SIGI PROVINSI SULAWESI TENGAH

Arif Rachman, Sapto Heru Yuwanto, Hendra Bahar

Abstract


Cekungan Air Tanah (CAT) Palu merupakan salah satu Cekungan Air Tanah (CAT) yang yang meliputi kota Palu dan kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Cekungan Air Tanah (CAT) Palu memiliki luas sebesar 313 km2 dan merupakan Cekungan Air Tanah yang digunakan oleh masayarakat untuk keperluan sehari-hari. Cekungan Air Tanah Palu tersusun atas endapan permukaan dan batuan sedimen sehingga dapat menjadi akuifer yang baik dalam menyimpan dan meloloskan air tanah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kondisi geologi dan hidrogeologi Cekungan Air Tanah (CAT) Palu, serta mengetahui kualitas air tanahnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pemetaan geologi permukaan dan analisis laboratorium. Pemetaan permukaan dilakukan untuk mengetahui kondisi geologi daerah penelitian, sedangkan analisis laboratorium untuk mengetahui kandungan kimia air tanah. Berdasarkan hasil penelitan dan pembahasan daerah penelitian terdiri atas empat (4) satuan geomorfologi berupa dataran yang terangkat (D6), pegunungan tersayat kuat berlereng curam (S4), perbukitan tersayat kuat berlereng curam (S3), dan danau (F2). Daerah penelitian tersusun atas satuan batupasir karbonatan dan endapan permukaan. Air tanah pada daerah penelitian terbagi atas tiga (3) jenis yaitu Magnesium Bicarbonate, Mixed, dan Sodium Chloride. Air tanah pada daerah penelitian secara umum dapat dikonsumsi, kecuali air pada mata air panas yang memiliki pH yang cukup tinggi.

Keywords


Kualitas Air tanah, Akuifer bebas, CAT Palu, Sigi

Full Text:

PDF

References


Badan Informasi Geospasial. 2004. Peta Rupa Bumi Indonesia. Peta Per Wilayah. Kabupaten Sigi. http://tanahair.indonesia.go.id/portalweb/Download/Petaperwilayah/Kabupaten-Sigi.(Diakses pada 17 Oktober 2019), online.

Badan Informasi Geospasial. 2017. Peta Rupa Bumi Indonesia. Peta Per Wilayah. Kota Palu.http://tanahair.indonesia.go.id/portalweb/Download/Peta-perwilayah/Kotapalu.(Diakses pada 17 Oktober 2019).Online.

Danaryanto, Djaendi, Harnadi, D., Mudiana, W., dan Budiyanto. 2007. Kumpulan Panduan Teknis Pengelolaan Air Tanah, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral Badan Geologi, Pusat Lingkungan Geologi, Bandung.

Hatari labs. 2018. What is a Piper Diagram for Water Chemistry Analysis and how to CreateOne ?. https://www.hatarilabs.com/ihen/what-is-apiper-diagram-and-how-tocreate-one. (Diakses 10 Juni 2020). Kodoatie, 2012. Tata ruang air tanah.

Lenntech. 2020. Seawater Intrusion groundwater. https://www.lenntech.com/groundwater/seawater-intrusions.htm. (Diakses 10Januari 2020).

Pusat Airtanah dan Geologi Tata Lingkungan 2019, https://geoportal.esdm.go.id/indonesiaoverview/KESDM-RepublikIndonesia.

Wilcox, L,. V. 1955. Classification an Use of Irrigation Waters. Washington: United States Departement of Argiculture.

Zuidam, R.A.Van. 1983. Guide to Geomorphologic Aerial Photographic Interpretation and Mapping. ITC. Netherlands.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.2020.1034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan