PENGARUH PELAPUKAN TERHADAP KEKUATAN BATUAN ANDESIT

Melkianus .A Tamanak, Theo Berhitu, Dandi Gusti Ode, Yudho Dwi Galih Cahyono

Abstract


Batuan adalah kompleks atau kumpulan dari mineral sejenis atau tidak sejenis yang terikat secara gembur ataupun padat. Ada beberapa jenis batuan salah satu batuan yaitu batuan andesit dimana batuan ini merupakan salah satu jenis batuan beku. Batuan andesit merupakan batuan intermediet yang terjadi hasil pendinginan magma pada permukaan bumi ataupun aktivitas gunung api akibat perbedaan suhu pada saat pendinginan. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kekuatan batuan diantaranya adalah faktor pelapukan batuan. Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan kekuatan batuan andesit fresh atau yang belum dipengaruhi oleh pelapukan dan batuan andesit lapuk atau yang sudah di pengaruhi oleh pelapukan. Penelitian ini dilakukan dengan metode pengamatan di lapangan secara langsung dan di laboratorium untuk pengujian kuat tekan dengan menggunakan UCS (Uniaxial Compressive Strength). Beberapa sampel batuan andesit yang di ambil dari bekas tambang batu pasir di Desa Manduro, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Berdasarkan pengujian UCS di peroleh hasil kuat tekan batuan pada sampel batuan andesit lapuk 01 sebesar 42,35 MPa, sampel 02 sebesar 41,07 MPa, sampel 03 sebesar 39,12. Sedangkan hasil kuat tekan batuan pada sampel batuan andesit fresh 01 sebesar 115,15 MPa, sampel 02 sebesar 72,73 MPa, sampel 03 sebesar 78,24 MPa. Dari hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa perbedaan nilai kuat tekan pada batuan andesit dapat dipengaruhi oleh pengaruh pelapukan.

Keywords


Pelapukan, kuat tekan batuan, andesit

Full Text:

PDF

References


Handoyo, S., & Winingsih, P. H. (2019). Analisa Struktural Batuan Andesit Di Desa Laksanamekar Bandung Jawa Barat. Jurnal Fisika Flux, 1-5.

Irwandy, A. (2016). Geoteknik Tambang. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Jamulya, Haryono Eko. (2000). Kajian Tingkat Pelapukan Batuan Menurut Toposekuen Di Daerah Aliran Sungai Tangsi Kabupaten Magelang. Jurnal Majalah Geografi Indonesia. 1-12.

Nur, A. W., Triheryady, A., & Rakhman, A. N. (2016). Studi Rekomendasi Penggalian Di TinjauDari Struktur Bidang Lemah dan Kekuatan Batuan Lava Andesit di Daerah Girimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Teknologi Technoscientia, 1-10.

Panji, R., Arfiansyah, K., Kusumah, P. A., Amrullah, F., & Gani, R. M. (2018). Identifikasi karateristik dan Kualitas Andesit Bagi Bahan Bangunan Daerah BatuJajar, Kecamatan Batujajar Timur, Kabupaten Bandung Barat. Padjajaran Geoscience Journal, 1-8.

Permanajati Indra, Zakaria.Z, Hadiana.M.S.D. (2018). Kajian Petrografi pada zona pelapukan breksi piroklastik Terhadap Longsoran Gunung Pawinihan Kabupaten banjarnegara Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Dinamika Rekayasa. 1-8

Purwanto, Muhaimin, A., Djamaluddin, Husain, R., & Busthan. (2017). Pengaruh Derajat Pelapukan Terhadap Kekuatan Batuan Pada Batuan Basal. Prosiding Seminar Nasional Teknologi IV, 1-8.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.2020.1028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan