ESTIMASI BIAYA PEKERJAAN REPARASI DOK APUNG SURABAYA I DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERHITUNGAN JAM ORANG DI PT DOK DAN PERKAPALAN SURABAYA

Elbanov Kharisma Fabiantara, Pramudya Imawan Santosa, Erifive Pranatal

Abstract


Dok apung adalah salah satu fasilitas reparasi di galangan kapal yang sering digunakan untuk perawatan dan perbaikan kapal, maka seiring berjalannya waktu pemakaian dok apung tersebut semakin lama akan mengalami penurunan kualitas.Dengan beroperasi dok apung yang memakan waktu cukup lama dan mengalami beberapa kerusakan kontruksi ponton. Maka dibutuhkan perbaikan, dan perawatan ponton yang harus dilakukan oleh pihak galangan dengan fasilitas yang cukup dan tenaga kerja yang profesional. Reparasi dok merupakan suatu hal yang penting karena berpengaruh dalam umur pemakaian dok itu sendiri. Sehingga perawatan dan perbaikan dok sangat diperlukan untuk mempertahankan kualitas dok dengan cara mengganti plat yang rusak atau replating. Diantaranya yang harus dilakukan reparasi yaitu melalui Perhitungan dari kebutuhan plat lambung dalam, plat lambung luar, web lambung, dan breket pada kebutuhan material untuk proses replating ponton 2C,3C,4A,6A dan ponton 7A pada Dok Surabaya I yang berasal dari input data laporan UT dan laporan perintah kerja dapat digunakan untuk perhitungan biaya kebutuhan material plat dan dapat merencanakan jumlah jam orang (JO) serta perhitungan
perencanaan biaya total. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa plat yang harus di replating yaitu dengan toral 9614,10 kg dan jumlah total luasan 110,88 m2.
.


Keywords


biaya; jam orang; plat; replating

Full Text:

PDF

References


Heger, R. (2005). Dockmaster Training Manual, Heger Dry Dock, Inc.

Jannah, J., I., Basuki M, dan Soejitno.(2018), Studi Perencanaan Standar Biaya Replating Pada Pekerjaan Reparasi Kapal Menggunakan Variabel Costing Method Di PT. Dok Dan Perkapalan Surabaya (Persero). Prosiding

Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan, 199-204, ITATS, Surabaya.

Saputra, B., Mulyanto, I. P., dan Amiruddin, W. (2017), Analisa Kekuatan Tarik dan Tekuk pada Sambungan Pipa Baja dengan Menggunakan Kanpe Clear NF sebagai Pengganti Las. Jurnal Teknik perkapalan. Teknik Perkapalan, 5(2),421-430.

Setyawan, M., B.,E., (2019), Estimasi Perhitungan Kebutuhan Material, Biaya Replating Dan Kebutuhan Jam Orang Dalam Proses Reparasi Di PT. Najatim (Studi Kasus Km. Cengkeh 02). Program Studi D3 Teknik Bangunan Kapa,l Jurusan Teknik Bangunan Kapal, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) : Surabaya.

Storch R. L., Hammon C. P., Bunch H. M., and Moore R. C., (1995), Ship Production, Maryland: The Society of Naval Architects and Marine Engineers.

Utomo, S., dan Setiastuti, N. (2019), Penerapan Metode Technometrik Untuk Penilaian Kapabilitas Teknologi Industri Galangan Kapal Dalam

Menyongsong Era Industri 4.0, J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika), 3(1),35-40.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.2020.1021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan