ANALISIS PLAN REHAB BERDASARKAN PLAN BLASTING DAN LEAD & LAG TERHADAP DAMAGE PADA TAMBANG BAWAH TANAH GRASBERG BLOCK CAVING (GBC) PT. FREEPORT INDONESIA (PTFI) DISTRIK TEMBAGAPURA KABUPATEN MIMIKA PROVINSI PAPUA

Yance Sani, Yudho Dwi Galih Cahyono

Abstract


Batuan yang rusak di Tambang GBC pada tahap produksi terutama disebabkan oleh displacement di sekitar dril drift. dua faktor utama yang mempengaruhi nilai displacement yaitu akibat blasting, dan pengaruh lead and lag pada tambang GBC. displacement akibat blasting mencapa 0,003 mm sampai dengan 40 mm/ blasiting. sedangkan batas maksimum jarak lead and lag antar satu dril drift mencapai 8 ring (17,4 meter). Kekuatan batuan pada dril drift akan tidak stabil dan hancur ketika tegangan melewati nilai batas maksimum sehingga untuk menentukan rehab berdasarkan parameter preventive support maintenance (PSM) tingkat kerusakan pada dril drift akibat displacement dibagi menjadi 4 kelas. kelas 0 dengan tidak ada kerusakan, kelas 1 dengan kerusakan ringan, kelas 2 dengan kerusakan sedang, kelas 3 dengan rusak berat, dan kerusakan 4 dengna kerusakan sangat berat. Contoh kasus kerusakan yang terjadi berdasarkan pemantauan displacement di 15 dril drift area PB2S mulai dari dril drift 23 south sampai dengan 30 south.

Keywords


displacement, lead and lag, blasting, kerusakan, rehab

Full Text:

PDF

References


Kaiser, P.K., P. Jesenak and P. Vasak, 1993. Rock and Support Damage at El Teniente Mine. Geomechanics Research Centre, Laurentian University, Sudbury.

Kaiser, P.K., P. Jesenak and R.K. Brummer, 1992. Rockburst Damage-Potential Assessment. Canadian Rockburst Research Programme, Mining Research Directorate, Sudbury, 40 p.

Kaiser, P.K., P. Jesenak, D.R. McCreath and D.D. Tannant, 1992. Rockburst Damage-Potential Assessment. Report to the Mining Research Directorate, 16 p.

Kaiser P.K., D.D. Tannant, D.R. McCreath, and P. Jesenak, 1992. Rockburst damage assessment procedure. In Proc. Int. Symposium on Rock Support in Mining and Underground Construction, A.A Balkema, Rotterdam, 639-647.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.2020.1014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan