RENCANA REKLAMASI PADA LAHAN BEKAS PENAMBANGAN BATU ANDESIT DI CV TIRTA BARU LAKSANA DESA HARGOROJO KECAMATAN BAGELEN KABUPATEN PURWOREJO PROVINSI JAWA TENGAH

Shahensah Anand Anggian Rambe, Nurkhamim Nurkhamim, Dwi Herniti

Abstract


CV Tirta Baru Laksana merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan yaitu tambang batu andesit dengan luas IUP 10,6 Ha terletak di Desa Hargorojo, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. Penambangan dapat menimbulkan perubahan lingkungan sehingga perlu dilakukan rencana reklamasi. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan laju erosi untuk memperkirakan TBE (Tingkat Bahaya Erosi) pada saat sebelum dan sesudah dilakukan reklamasi, dan menentukan rencana reklamasi yang akan diterapkan untuk penataan lahan bekas penambangan batu andesit di CV. Tirta Baru Laksana. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi yang dilakukan dengan cara pengamatan dan pengambilan sampel tanah di lapangan, dan studi literatur digunakan untuk memperoleh data sekunder dari berbagai sumber. Penataan lahan dilakukan menggunakan sistem pot dengan ukuran dimensi (1 x 1 x 1) m, maka kebutuhan tanah pucuk sebesar 608 m3. Jumlah lubang pot/tanaman sebanyak 608 serta waktu yang dibutuhkan untuk membuat dan mengisi selama 16 hari. Pengendalian erosi secara mekanik dilakukan dengan pembuatan teras bangku, dan pembuatan saluran pembuangan air, sedangkan pengendalian erosi secara vegetatif dilakukan dengan revegetasi tanaman kacangan (Mucuna bracteata), dan tanaman sengon (Paraserianthes falcataria) sebanyak 608 tanaman.. Setelah dilakukan rencana reklamasi terjadi penurunan laju erosi dari 677 ton/ha/th (Kelas V, sangat berat) menjadi 14,94 ton/ha/th (Kelas I, sangat ringan) pada blok I dan II.


Keywords


Batu Andesit, Penataan Lahan, Reklamasi

Full Text:

PDF

References


Bafdal, Nurphilan., Dkk. (2011). Buku Ajar Teknik Pengawetan Tanah dan Air. Bandung: Jurusan Teknik dan Manajemen Industri Pertanian Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran.

CV. Tirta Baru Laksana. (2015). Dokumen Rencana Reklamasi Penambangan Batu Andesit. CV. Tirta Baru Laksana: Purworejo.

Fawaz, Gandang Noor., Zaenal, Dudi Nasrudin Usman. (2017). Kajian Rencana Reklamasi dan Pasca Tambang pada Penambangan Batuan Andesit Oleh PT Puspa Jaya Madiri di Desa Mekarsari, Kecamatan Cikalong Kulon Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Jurnal Prodi Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Gautama, Rudy Sayoga, (1999). Diktat Kuliah Sistem Penyaliran Tambang, Jurusan Teknik Pertambangan ITB, Bandung.

Kartodharmo, Moelhim. (1990). Teknik Peledakan. Bandung: Laboratorium Geoteknik Pusat Antar Universitas-Ilmu Rekayasa Institut Teknologi Bandung.

Patiung, O., Dkk. (2011). Pengaruh Umur Reklamasi Lahan Bekas Tambang Batubara Terhadap Fungsi Hidrologis. Jurnal Hidrolitan, Vol 2: 2: 60-73, ISSN 2086-4825

Priyono et al. (2002). Panduan Kehutanan Indonesia.

Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2009. Tentang Pertambangan Mineral dan Batubara. Jakarta: Sekretariat Negara.

Republik Indonesia. (2010). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 78 Tahun 2010. Tentang Reklamasi dan Pascatambang. Jakarta: Sekretariat Kabinet RI.

Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 7 Tahun 2014. Tentang Pelaksanaan Reklamasi dan Pascatambang pada Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara. Jakarta: Sekretariat Kabinet RI.

Republik Indonesia. (2018). Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 26 Tahun 2018. Tentang Pelaksanaan Kaidah Pertambangan yang Baik dan Pengawasan Pertambangan Mineral dan Batubara. Jakarta: Sekretariat Kabinet RI.

Republik Indonesia. (2011). Peraturan Menteri Kehutanan Republik Indonesia Nomor: P. 4/Menhut-II/2011. Tentang Pedoman Reklamasi Hutan. Jakarta: Sekretariat Kabinet RI.

Republik Indonesia. (2009). Peraturan Menteri Kehutanan Republik Indonesia Nomor: P. 32/Menhut-II/2009. Tata Cara Penyusunan Rencana Teknik Rehabilitasi Hutan dan Lahan Daerah Aliran Sungai (RTkRHL-DAS). Jakarta: Sekretariat Kabinet RI.

Republik Indonesia. (2018). Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 1827 Tahun 2018 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kaidah Teknik Pertambangan Yang Baik. Jakarta: Sekretariat Kabinet RI. . Setyowati, Rr Diah Nugraheni., Nahawanda Ahsanu Amala, Nila Nur Ursyiatur Aini. (2017). Studi Pemilihan Tanaman Revegetasi Untuk Keberhasilan Reklamasi Lahan Bekas Tambang. Jurnal Teknik Lingkungan, Fakultas Sains dan Teknologi. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.

Subronto dan Harahap I.Y. (2002). Penggunaan kacangan penutup tanah Mucuna bracteata pada pertanaman kelapa sawit. Warta Pusat Penelitian Kelapa Sawit Medan, Volume 10 (1): 1 - 6.

Sukartaatmadja. (2004). Bebas Banjir 2015. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Supratman, Odih. (2018). Penambangan Modul 4: Reklamasi Bekas Tambang, DAR2/Profesional/001/2018. Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Suripin. (2002). Peletarian Sumber Daya Tanah dan Air. Penerbit Andi. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.semitan.2020.1006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan