Aplikasi SI DIMAS (Sistem Informasi Distribusi Material Pada PT. Sinar Musi)

Nugraha Rachmatullah, Ruliansyah Ruliansyah, Irfan Dwi Jaya

Abstract

PT. Sinar Musi merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang penyediaan barang material kontraktor. Saat ini, dalam proses distribusinya, terdapat berbagai kendala, antara lain pihak pelanggan yang sering menanyakan posisi barang yang mereka pesan, kurangnya tenaga CS yang akan menjawab telepon dari pelanggan, dan kendala lainnya seperti pada tahapan distribusi yang tidak terkoordinasi dengan baik antarapos distribusi yang membuat penyampaian informasi distribusi menjadi terhambat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sebuah sistem informasi distribusi materials di PT. Sinar Musi yang diberi nama SI DIMAS menggunakan checkpoint tracker berbasis web yang diharapkan dapat mempermudah pihak CS untuk membagikan informasi mengenai proses dari distribusi. Bagi pelanggan, sistem informasi ini berguna sebagai media informasi terkait proses distribusi material yang mereka pesan. Selain itu, pada sistem informasi ini perusahaan dapat mengelola data pesanan pelanggan, proses distribusi, checking barang material, hingga mengelola laporan rekapitulasi distribusi per minggu. Visualisasi pemodelan mengguankan Unifield Modelling Languange (UML) serta menggunakan model pengembangan Waterfall. Bahasa pemprogramannya menggunakan PHP dengan pengelolaan basis data menggunakan MySQL. Penelitian ini menghasilkan data pesanan pelanggan, checking barang, komplain pelanggan, serta dapat membantu dalam pengelolaan laporan proses distribusi yang berjenjang.

Keywords

Checkpoint Tracker; Customer Service; Distribusi; Sistem Informasi Berbasis Web

Full Text:

PDF

References

M. B. H. Ibrahim, “Analisis Pengaruh Produk dan Distribusi terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Pada CV Fajar Baru Jayapura,” J. Futur., no. 11, pp. 23–40, 2014.

A. A. Wahid, “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” J. Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj. STMIK, no. November, pp. 1–5, 2020, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/profile/Aceng_Wahid/publication/346397070_Analisis_Metode_Waterfall_Untuk_Pengembangan_Sistem_Informasi/links/5fbfa91092851c933f5d76b6/Analisis-Metode-Waterfall-Untuk-Pengembangan-Sistem-Informasi.pdf.

Sania, “Pendistribusian menggunakan checkpoin Tracker,” J. pos Indones., 2020.

J. J. Spillane, Managing Quality Customer Service: Pelayanan yang Berkualitas. E-Book, 2021.

M. A. Panennung, Transformasi Perekonomian Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2017

Sutrabi, Konsep Sistem Informasi, II. YOGYAKARTA: Grafika Teknologi, 2012.

RP Marble, “Website Programing information,” Inf. programing, 2008.

Kuswara ; sarbini, “Penelitian metode Kualitatif dan kuantitatif,” Metedollogi Penelit., 2014.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.