Pengaruh Citra Perguruan Tinggi dan Kualitas Jasa Terhadap Minat Beli di Universitas Muhammadiyah Gresik Melalui Kepercayaan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus di Universitas Muhammadiyah Gresik)

Eva Desembrianita, Megawati Munir Nur, Suyoto Suyoto, Malikul Adil, Mahjudin Mahjudin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra perguruan tinggi dan kualitas jasa terhadap minat beli melalui kepercayaan sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah calon mahasiswa yang ada di kabupaten Gresik. Jumlah sampel sebanyak 100 orang dengan menggunakan purposive sampling berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu program analisis SPSS 15 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel citra perguruan tinggi dan kualitas jasa secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli.  Berdasarkan hasil analisis, variabel citra perguruan tinggi dan kualitas jasa berpengaruh secara tidak langsung terhadap minat beli melalui kepercayaan.  Namun, nilai koefisien pengaruh total citra perguruan tinggi lebih kecil yaitu 0,161 jika dibandingkan dengan kualitas jasa 0,368 yang lebih besar.

Keywords

Citra perguruan tinggi; Kualitas jasa; Kepercayaan; Minat beli

Full Text:

PDF

References

M. Mutmainnah, "Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah," Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, vol. 10, no. 2, pp. 201-216, 2018.

D. I. D. Lubis and R. Hidayat, "Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan," Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, vol. 5, no. 1, 2019.

A. G. Rizki, K. Hidayat, and L. D. Rahma Devita, "Pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee Indonesia (Survei pada mahasiswa S1 fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya angkatan 2015/2016 dan 2016/2017 yang membeli barang secara online di e-commerce)," Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 72, no. 2, pp. 49-56, 2019.

M. Sung and S.-U. Yang, "Toward the model of university image: The influence of brand personality, external prestige, and reputation," Journal of public relations research, vol. 20, no. 4, pp. 357-376, 2008.

L. Lahindah and R. A. Siahaan, "The Influence of Product Innovation and Service Quality to Buying Decision and the Impact to Repeat Buying at Progo Road Bandung," The Asian Journal of Technology Management, vol. 11, no. 2, pp. 118-124, 2018.

J. Supranto and N. Limakrisna, "Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran untuk Memenangkan Strategi Bisnis," ed: Kharisma Putra Utama. Jakarta, 2011.

D. Amanah, R. Hurriyati, V. Gaffar, L. A. Wibowo, D. A. Harahap, and Y. Saragih, "Which is More Influential in Online Purchasing Decisions: Price or Trust," in 1st International Conference on Islamic Economics, Bussiness and Philanthropy, 2017, pp. 798-803.

V. W. Sujarweni, "Metodologi penelitian bisnis dan ekonomi," 2015.

A. Neolaka, "Metode penelitian dan statistik," Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

U. Sekaran, "Metode Riset Bisnis," Jakarta: Salemba Empat, 2006.

J. A. Nursiyono, "Kompas Teknik Pengambilan Sampel," Bogor: In Media, 2014.

A. Neolaka, "Metode penelitian dan statistik," Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

D. A. Aaker, "Manajemen Pemasaran Strategis (Strategic Market Management)," Penerbit Salemba Empat: Jakarta, 2013.

F. Tjiptono and G. Chandra, "Service, Quality dan Satisfaction. Yogyakarta; Andi," Jurnal of Business and Management Sciences, vol. 4, no. 4, pp. 76-81, 2004.

J. Mowen, "C. dan Michael Minor. 2001 Perilaku Konsumen," Jakarta: Erlangga.

P. Kotler, "Keller.(2012) Marketing Management," ed: New Jersey: Pearson Prentice Hall. Inc.

L. G. Schiffman and L. L. Kanuk, "Consumer behavior," Upper Saddle River, NJ, 2007.

R. Irawati, "Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen dan Kebutuhan Mencari Variasi terhadap Keputusan Perpindahan Merek Pembalut Wanita (Studi pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Padang)," Manajemen S-1, vol. 1, no. 1, 2013.

A. G. Silva, M. Canavari, and A. E. Wander, "Consumers intention towards purchasing IP certified beans: an analysis using the theory of planned behaviour (TPB)," Embrapa Arroz e Feijão-Artigo em periódico indexado (ALICE), 2017.

L. G. Schiffman and L. L. Kanuk, "Consumer Behavioral," ed: New Jersey: Pearson, 2010.

D. I. D. Lubis and R. Hidayat, "Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan," Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, vol. 5, no. 1, 2019.

S. Subarjo, "KEPUASAN KERJA TERHADAP INTENSI TURNOVER KARYAWAN PADA PERUSAHAAN WAJAR YOGYAKARTA," Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, vol. 12, no. 1, pp. 63-73, 2014.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot