System Informasi Penjualan Online Berbasis Web Menggunakan Metode CRM(Customer Relationship Management) Pada Perusahaan Showroom Mobil Intan Mobilindo
Abstract
PT. Intan Mobilindo yang berada di Lubuklinggau bergerak di bidang jual beli kendaraan mobil masih menggunakan metode manual dalam melakukan jual belinya,tidak memiliki aktifitas atau strategi khusus yang menangani pemasaran, pemasaran produk dilakukan secara konvensional dengan cara pelanggan memberikan informasi mengenai tempat, keistimewaan dan produk ke calon pelanggan lain. E-commerce merupakan sebuah media online yang digunakan untuk aktifitas yang berkaitan dengan penjualan, pembelian, dan pemasaran barang atau jasa. E-commerce melibatkan kegiatan teknologi internet lainnya seperti transaksi dana elektronik atau yang biasa disebut dengan m-banking, pertukaran data elektronik, sistem pengumpulan data otomatis, dan sistem inventori otomatis. Tujuan penelitian ini adalah membuat system informasi penjualan online berbasis web menggunakan CRM (Customer Relationship Management) pada perusahaan showroom mobil intan mobilindo. Dengan adanya sistem ini akan memberikan solusi alternatif yang dapat menunjang kegiatan bisnis perdagangan serta dapat dijadikan alat pemasaran produk dan pengelolahan data penjualan. Sistem yang telah dibuat akan dikembangkan menggunakan metode air terjun (Waterfall) sering juga disebut metode sekuensial linier, menyediakan pendekatan alur hidup perangkat lunak secara sekuensial atau terurut di mulai dari analisis, desain pengodean, pengujian dan tahap pendukung. Penelitian ini menghasilkan sebuah website yang dapat membantu pihak PT. Intan Mobilindo dalam memasarkan barangnya dengan lebih efisien dan cepat, sehingga membantu dalam meraih pasar produk digital dan membantu dalam mendata customer untuk melakukan analisis pasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. S. Bein, Y. I. Graha, and A. P. Pangestu, “Pandawan Website Design Based Content Management System As Media E-commerce Transaction,” Aptisi Trans. Technopreneursh., vol. 2, no. 1, pp. 87–97, 2020, doi: 10.34306/att.v2i1.73.
I. Setyoparwati, “Pengaruh Dimensi Kepercayaan (Trust) Konsumenterhadap Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce Di Indonesia,” J. Ilm. MEA (Manajemen, Ekon. Akuntansi)|, vol. 3, no. 3, pp. 111–119, 2019, doi: 10.31955/mea.vol4.iss1.pp111-119.
Y. Trimarsiah and M. Arafat, “Analisis dan Perancangan Website Sebagai Sarana,” J. Ilm. MATRIK, vol. Vol. 19 No, pp. 1–10, 2017.
O. Dyantina, “1274-2499-1-PB.pdf.”
I. P. Sari, A. Azzahrah, I. F. Qathrunada, N. Lubis, and T. Anggraini, “Perancangan Sistem Absensi Pegawai Kantoran Secara Online pada Website Berbasis HTML dan CSS,” Blend Sains J. Tek., vol. 1, no. 1, pp. 8–15, 2022, doi: 10.56211/blendsains.v1i1.66.
D. Widiyanto, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Inventori Berbasis Web (Studi Kasus: Smk Ypt Purworejo),” J. Ekon. dan Tek. Inform., vol. 10, no. 1, pp. 24–31, 2022, [Online]. Available: http://e-journal.polsa.ac.id/index.php/jneti/article/view/183%0Ahttps://e-journal.polsa.ac.id/index.php/jneti/article/download/183/119
T. Susilawati, F. Yuliansyah, M. Romzi, and R. Aryani, “Membangun Website Toko Online Pempek Nthree Menggunakan Php Dan Mysql,” J. Tek. Inform. Mahakarya, vol. 3, no. 1, pp. 35–44, 2020.
G. Mulia, X. Najoan, and A. Lumenta, “Analisa Teknologi Hyper Text Markup Language (HTML) Versi 5,” J. Tek. Inform., pp. 1–6, 2022.
S. Asiri, Y. Xiao, S. Alzahrani, S. Li, and T. Li, “A Survey of Intelligent Detection Designs of HTML URL Phishing Attacks,” IEEE Access, vol. 11, no. January, pp. 6421–6443, 2023, doi: 10.1109/ACCESS.2023.3237798.
I. P. Sari, A. Syahputra, N. Zaky, R. U. Sibuea, and Z. Zakhir, “Perancangan Sistem Aplikasi Penjualan dan Layanan Jasa Laundry Sepatu Berbasis Website,” Blend Sains J. Tek., vol. 1, no. 1, pp. 31–37, 2022, doi: 10.56211/blendsains.v1i1.67.
Y. Anggraini, D. Pasha, D. Damayanti, and A. Setiawan, “Sistem Informasi Penjualan Sepeda Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 64–70, 2020, doi: 10.33365/jtsi.v1i2.236.
S. M. Maulana, H. Susilo, and Riyadi, “Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online,” J. Adm. Bisnis, vol. 29, no. 1, pp. 1–9, 2015.
A. Alwendi, “Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan,” Manaj. Bisnis, vol. 17, no. 3, pp. 317–325, 2020, [Online]. Available: http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/
Sitanggang Rianto, Urian Dachi Teddy, and Manurung H G Immanuel, “Rancang Bangun Sistem Penjualan Tanaman Hiasberbasis Web Menggunakan Php Dan Mysql,” Tekesnos, vol. 4, no. 1, pp. 84–90, 2022.
M. I. Affandi, H. E. Rosyadi, T. Informatika, and U. M. Malang, “289-Article Text-495-1-10-20191115,” Peranc. Apl. Online Al – Ikhsan Berbas. Php Mysql, no. September, 2019.
A. Sri Wahyuningsih and A. Imam Bahron, “Sistem Informasi Penjualan Barang Furniture Berbasis Web Pada PT. Vinotindo Graha Sarana Menggunakan PHP dan MySQL,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 8, no. 2, pp. 1–5, 2017, doi: 10.32736/sisfokom.v6i1.41.
A. Andipradana and K. Dwi Hartomo, “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Online Berbasis Web Menggunakan Metode Scrum,” J. Algoritm., vol. 18, no. 1, pp. 161–172, 2021, doi: 10.33364/algoritma/v.18-1.869.
A. Yasinta Permana and A. Voutama, “Pemodelan UML Pada Sistem Penjualan Sembako Di Toko Amshop,” Inf. Manag. Educ. Prof., vol. 7, no. 1, pp. 41–50, 2022.
R. Risald, “Implementasi Sistem Penjualan Online Berbasis E-Commerce Pada Usaha Ukm Ike Suti Menggunakan Metode Waterfall,” J. Inf. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 37–42, 2021, doi: 10.32938/jitu.v1i1.1393.
U. Salamah and F. N. Khasanah, “Pengujian Sistem Informasi Penjualan Undangan Pernikahan Online Berbasis Web Menggunakan Black Box Testing,” J. Inf. Manag. Educ. Prof., vol. 2, no. 1, pp. 35–46, 2017.