Indexing metadata

Pemberdayaan UMKM Minuman Sehat Kampung Dukuh Pakis Melalui Digital Marketing Campaign


 
Dublin Core PKP Metadata Items Metadata for this Document
 
1. Title Title of document Pemberdayaan UMKM Minuman Sehat Kampung Dukuh Pakis Melalui Digital Marketing Campaign
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Tira Fitriawardhani; Universitas Bhayangkara Surabaya; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Fierda Nurany; Universitas Bhayangkara Surabaya; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Anwar Sodik; Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Ahlul Mahabbah; Universitas Bhayangkara Surabaya; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Erika Jasmine Ramadhani; Universitas Bhayangkara Surabaya; Indonesia
 
3. Subject Discipline(s)
 
3. Subject Keyword(s) Digital; Kesehatan; Pemasaran; UMKM
 
4. Description Abstract

Kelurahan Dukuh Pakis di Surabaya memiliki potensi ekonomi yang signifikan melalui pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang menghasilkan produk minuman kesehatan, seperti kunyit asem, sari kedelai, dan teh rosella. Program ini bertujuan meningkatkan literasi digital dan keterampilan pemasaran pelaku UMKM untuk memperluas pasar dan meningkatkan daya saing. Melalui serangkaian kegiatan sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan, pelaku UMKM diperkenalkan dengan alat pemasaran digital seperti SEM dan pengelolaan media sosial. Pendekatan ini didasarkan pada teori Diffusion of Innovations dan Resource-Based View, yang menekankan pentingnya adopsi teknologi serta peningkatan kualitas sumber daya manusia. Hasil program menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM dalam memanfaatkan pemasaran digital, dengan beberapa UMKM melaporkan peningkatan omset hingga 80%. Dukungan komunitas lokal juga memainkan peran penting dalam menjaga keberlanjutan program, memungkinkan UMKM untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan pasar. Evaluasi berkala membantu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan strategi pemasaran, yang kemudian disesuaikan untuk mencapai hasil yang optimal. Program ini menunjukkan bahwa adopsi pemasaran digital yang tepat dapat meningkatkan daya saing UMKM di pasar yang semakin kompetitif.

 
5. Publisher Organizing agency, location Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
 
6. Contributor Sponsor(s)
 
7. Date (YYYY-MM-DD) 2024-12-02
 
8. Type Status & genre Peer-reviewed Article
 
8. Type Type
 
9. Format File format PDF
 
10. Identifier Uniform Resource Identifier https://ejurnal.itats.ac.id/jpp-iptek/article/view/6680
 
10. Identifier Digital Object Identifier https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2024.v8i2.6680
 
11. Source Title; vol., no. (year) JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK); Vol 8, No 2 (2024)
 
12. Language English=en id
 
13. Relation Supp. Files
 
14. Coverage Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.)
 
15. Rights Copyright and permissions Copyright (c) 2024 Tira Fitriawardhani
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.