Pemberdayaan UMKM Minuman Sehat Kampung Dukuh Pakis Melalui Digital Marketing Campaign
Abstract
Kelurahan Dukuh Pakis di Surabaya memiliki potensi ekonomi yang signifikan melalui pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang menghasilkan produk minuman kesehatan, seperti kunyit asem, sari kedelai, dan teh rosella. Program ini bertujuan meningkatkan literasi digital dan keterampilan pemasaran pelaku UMKM untuk memperluas pasar dan meningkatkan daya saing. Melalui serangkaian kegiatan sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan, pelaku UMKM diperkenalkan dengan alat pemasaran digital seperti SEM dan pengelolaan media sosial. Pendekatan ini didasarkan pada teori Diffusion of Innovations dan Resource-Based View, yang menekankan pentingnya adopsi teknologi serta peningkatan kualitas sumber daya manusia. Hasil program menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM dalam memanfaatkan pemasaran digital, dengan beberapa UMKM melaporkan peningkatan omset hingga 80%. Dukungan komunitas lokal juga memainkan peran penting dalam menjaga keberlanjutan program, memungkinkan UMKM untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan pasar. Evaluasi berkala membantu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan strategi pemasaran, yang kemudian disesuaikan untuk mencapai hasil yang optimal. Program ini menunjukkan bahwa adopsi pemasaran digital yang tepat dapat meningkatkan daya saing UMKM di pasar yang semakin kompetitif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
BPS, “Badan Pusat Statistik. Gender. Pekanbaru: Badan Pusat Statistik.,” Stat. Indones., vol. 1101001, 2022, [Online]. Available: https://www.bps.go.id/id/statistics-table?subject=519#subjekViewTab1
Laili Dwi Agustina, Nur Fitri Ana Melati, Febian Ragil Prawesti, and Fierda Nurany, “Smart City : Upaya Pembangunan Kota Surabaya,” Apl. Adm. Media Anal. Masal. Adm., pp. 98–112, 2023, doi: 10.30649/aamama.v26i2.209.
R. H. S. Aisyah et al., “The Community Empowerment Policy to Lead A Clean and Healthy Life in Indonesia,” Sriwij. Law Rev., vol. 7, no. 1, pp. 173–188, Jan. 2023, doi: 10.28946/slrev.Vol7.Iss1.1367.pp173-188.
T. Suprihatin, S. Rahayu, M. Rifa’i, and S. Widyarti, “Senyawa pada Serbuk Rimpang Kunyit (Curcuma longa L.) yang Berpotensi sebagai Antioksidan,” Bul. Anat. dan Fisiol., vol. 5, no. 1, pp. 35–42, 2020, doi: 10.14710/baf.5.1.2020.35-42.
M. Messina and V. Messina, “The role of soy in vegetarian diets,” Nutrients, vol. 2, no. 8, pp. 855–888, 2010, doi: 10.3390/nu2080855.
H. J. Wang and P. A. Murphy, “Isoflavone Content in Commercial Soybean Foods,” J. Agric. Food Chem., vol. 42, no. 8, pp. 1666–1673, 1994, doi: 10.1021/jf00044a016.
A. L. Hopkins, M. G. Lamm, J. L. Funk, and C. Ritenbaugh, “Hibiscus sabdariffa L. in the treatment of hypertension and hyperlipidemia: A comprehensive review of animal and human studies,” Fitoterapia, vol. 85, no. 1, pp. 84–94, 2013, doi: 10.1016/j.fitote.2013.01.003.
D. Ojeda, E. Jiménez-Ferrer, A. Zamilpa, A. Herrera-Arellano, J. Tortoriello, and L. Alvarez, “Inhibition of angiotensin convertin enzyme (ACE) activity by the anthocyanins delphinidin- and cyanidin-3-O-sambubiosides from Hibiscus sabdariffa,” J. Ethnopharmacol., vol. 127, no. 1, pp. 7–10, 2010, doi: 10.1016/j.jep.2009.09.059.
F. Nurany, “Best Practice Policy : The Effectiveness of Natural Gas Line Program in Lontong Neighborhood Surabaya,” SOSHUM J. Sos. Dan Hum., vol. 13, no. 2, pp. 120–130, 2023, doi: https://doi.org/10.31940/soshum.v13i2.120-130.
E. M. Rogers, “Diffusion of innovations, 5th edn London,” UK Free Press., 2003.
J. Barney, “Firm resources and sustained competitive advantage,” Int. Bus. Strateg. Theory Pract., vol. 17, no. 1, pp. 283–301, 2015, doi: 10.1093/oso/9780199277681.003.0003.
E. W. Riptanti, H. Irianto, E. Widiyanti, and A. Prasetyo, “Inclusivity in the sustainability of micro and small enterprises based on digital technology: A case study in central Java, Indonesia,” J. Infrastructure, Policy Dev., vol. 8, no. 9, p. 8300, 2024, doi: 10.24294/jipd.v8i9.8300.
T. R. C. Tira Fitriawardhani, Cecilia Monica Putri, “Peningkatan Umkm Kampung Dukuh Pakis Surabaya Melalui Digital Branding,” J. Abdi Bhayangkara, vol. 5, no. 02, pp. 1827–1836, 2023, [Online]. Available: http://ejournal.lppm.ubhara.id/index.php/jurnal_abdi/article/view/303/283
D. R. Yusian and N. Aulia, “Start Up Digital Business: Mengenal Peluang dan Tips Bisnis Bagi Para Pemula,” J. Pengabdi. Masy. INOTEC UUI, vol. 3, no. 2, pp. 34–39, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.uui.ac.id/index.php/jpkmi/article/view/1868/1022
O. Dwirista, M. Fadeli, and T. Fitriawardhani, “Pemanfaatan Sosial Media Cagar Budaya Sejarah Jatim Dalam Pelestarian Cagar Budaya Di Kota Surabaya,” Intelekt. (E-Journal Adm. Publik dan Ilmu Komunikasi), vol. 9, no. 2, pp. 135–144, 2022.
D. E. Amrina, I. Barlian, S. Fatimah, D. Hasmidyani, and E. Mardetini, “Pelatihan Pembuatan Iklan Digital Dengan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Pengetahuan Wirausaha Pemula Milenial,” J. Masy. Mandiri, vol. 7, no. 4, pp. 1–7, 2023, doi: https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.15806.
Y. H. J. Saragih, T. Sipayung, T. Parinduri, F. Purba, R. M. Girsang, and Y. Damanik, “Pemanfaatan Media Sosial Instagram Untuk Pengembangan UKM Di Daerah Wisata Tigaras,” J. Pengabdi. Masy. Sapangambei Manoktok Hitei, vol. 3, no. 1, pp. 55–63, 2023, doi: 10.36985/jpmsm.v3i1.631.
Kotler dan keller, “Manajemen Pemasaran. In: Manajemen Pemasaran,” Ed. Millenium, Jilid 1, vol. 1, no. 2, pp. 11–40, 2009, Accessed: Sep. 27, 2022. [Online]. Available: http://eprints.binadarma.ac.id/10124/1/TUGAS 1.pdf
D. L. Kirkpatrick, Evaluating training programs: The four levels. Berrett-Koehler Publishers, 1998. [Online]. Available: http://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=lijXE3M6AaQC&oi=fnd&pg=PR9&dq=Evaluating+Training+Programs:+The+Four+Levels&ots=2IzLnuOQuf&sig=cEebfKUm81DzF5HOKeJlh5MTOZU
M. A. Zimmerman, “Psychological empowerment: Issues and illustrations,” Am. J. Community Psychol., vol. 23, no. 5, pp. 581–599, 1995, doi: 10.1007/BF02506983.
Refbacks
- There are currently no refbacks.