Optimalisasi Digital Marketing dalam Meningkatkan Omzet di Sentra Wisata Kuliner Semolowaru, Kota Surabaya
Abstract
Program optimalisasi digital marketing di Sentra Wisata Kuliner (SWK) Semolowaru, Surabaya, bertujuan meningkatkan omzet bisnis kuliner melalui strategi digital. Terletak di Kelurahan Semolowaru, SWK ini memiliki potensi besar berkat keberagaman kuliner tradisional dan lokasi strategis, namun menghadapi tantangan seperti keterbatasan pengetahuan digital, infrastruktur komunikasi yang kurang memadai, persaingan tinggi, serta akses pelatihan yang terbatas. Solusi yang ditawarkan mencakup pelatihan digital marketing, peningkatan infrastruktur komunikasi, program dukungan bisnis, dan workshop kreator konten. Target utama adalah meningkatkan omzet bisnis kuliner lokal sebesar 20% dalam enam bulan. Tujuan spesifik lainnya meliputi peningkatan jumlah pengunjung, pelanggan melalui platform digital, dan produksi konten media sosial. Program ini diukur dari pertumbuhan pengunjung, pelanggan digital, dan konsistensi konten media sosial. Tahapan pelaksanaannya meliputi persiapan, pengurusan izin, focus group discussion (FGD), pembuatan modul digital marketing, sosialisasi, pelatihan, workshop, serta monitoring dan evaluasi. Hasil yang diharapkan adalah peningkatan omzet, jumlah wisatawan, dan pemanfaatan teknologi digital oleh pelaku usaha. Dalam jangka panjang, program ini ditujukan untuk mendukung keberlanjutan bisnis kuliner, memperbaiki infrastruktur wisata, dan meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam pengembangan pariwisata lokal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
E. Susilo, “Kalah oleh Online, Banyak Sentra Wisata Kuliner Surabaya ‘Mati Suri.,’” Jawapos. Com., 2020.
J. V. Bilinda, “Sentra Wisata Kuliner Jawa Timur di Joyoboyo, Surabaya.,” eDimensi Arsit. Petra, vol. 8, no. 1, pp. 393–400, 2020.
A. W. Sari and M. Meirinawati, “Manajemen Strategi Program Sentra Wisata Kuliner Urip Sumoharjo Oleh Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Kota Surabaya,” Publika, pp. 105–118, 2021, doi: 10.26740/publika.v9n1.p105-118.
M. S. Santoso, “Efektivitas Pelaksanaan Kebijakan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima di Sentra Wisata Kuliner Deles Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya,” 2018.
A. H. Wanto, “Strategi Pemerintah Kota Malang Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Konsep Smart City,” JPSI (Journal Public Sect. Innov., vol. 2, no. 1, p. 39, 2018, doi: 10.26740/jpsi.v2n1.p39-43.
T. W. S. Panjaitan, Y. Budi Hermanto, and M. Widyastuti, “Analysis Marketing Strategies At Culinary Tourism Centers,” Humanit. Soc. Sci. Rev., vol. 8, no. 1, pp. 725–732, 2020, doi: 10.18510/hssr.2020.8187.
M. R. P. Ariani, R. P., Ekayani, I. H., Suriani, N. M., & Kusyanda, “STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA KULINER DESA BUKTI BERBASIS POTENSI LOKAL,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 19, no. 1, pp. 13–23, 2022.
T. V. Yustisia, “Undang-Undang No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Perubahannya.,” VisiMedia., 2015.
M. Teja, “Pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat di Kawasan Pesisir,” Aspir. J. Masal. Sos., vol. 6, no. 1, pp. 63–76, 2020, doi: 10.1515/9783110915655-023.
J. M. Stavros and G. Hinrichs, The thin book of SOAR: Building strengths-based strategy. Thin Book Publishing, 2011.
E. Sudarmanto, E. Revida, N. Zaman, S. Simarmata, M. M., Purba, S. Syafrizal, and A. Susilawaty, Konsep Dasar Pengabdian Kepada Masyarakat: Pembangunan dan Pemberdayaan. Yayasan Kita Menulis., 2020.
S. S. Machfudi, W. Wijaya, and H. Iswanto, “Analysis of Development Strategy Management of the Indonesian Navy Hospital dr. R. Oetojo,” J. Medicoeticolegal dan Manaj. Rumah Sakit, vol. 8, no. 3, pp. 186–197, 2019, doi: 10.18196/jmmr.83106.
A. Irawan and H. Mulyadi, “PENGARUH KETERAMPILAN WIRAUSAHA TERHADAP KEBERHASILAN (Studi Kasus pada Distro Anggota Kreative Independent Clothing Kommunity USAHA di Kota Bandung),” J. Bus. Manag. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 216–226, 2016, doi: 10.17509/jbme.v1i1.2290.
Leskaj E., “The challenges faced by the strategic management of public organizations.,” Adm. Manag. Public, vol. 29, pp. 151–161, 2019.
N. Fajrah and S. Zetli, “Evaluasi Pentingnya Lokasi Sentra Oleh-Oleh untuk Pariwisata Kota Batam,” Snistek, no. September, pp. 120–125, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/3625
A. B. G. Christian and M. R. Rita, “Peran Penggunaan Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Menunjang Keberhasilan Usaha,” J. EBBANK, vol. 7, no. 2, pp. 77–92, 2016, [Online]. Available: http://salatigakota.bps.go.id
Refbacks
- There are currently no refbacks.