Implementasi Layanan Monitoring Ibu dan Anak Sebagai Upaya Deteksi Dini Stunting di Desa Wonosobo

Dianni Yusuf, Eka Mistiko Rini, Wahyu Naris Wari, Sepyan Purnama Kristanto, Septa Indra Puspikawati

Abstract

Stunting pada balita merujuk pada situasi dimana anak memiliki tinggi badan yang lebih rendah dibandingkan dengan teman sebaya mereka dalam usia yang sama. Pendataan Kesehatan dan tumbuh kembang bayi dilakukan melalui kegiatan posyandu di setiap desa. Informasi hasil kegiatan masih dicatat dalam buku besar sehingga Kader Posyandu masih harus melakukan rekapitulasi data secara konvensional. Pentingnya informasi mengenai gizi dan kesehatan anak perlu diketahui oleh Ibu untuk menghindari resiko stunting sejak dini. Kegiatan pengabdian yang dilakukan adalah bentuk kerjasama penerapan teknologi dan ilmu kesehatan dengan melakukan penyuluhan kesehatan dan pembuatan aplikasi berbasis web untuk memudahkan Kader Posyandu dalam pencatatan kesehatan ibu dan anak untuk mendeteksi stunting sejak dini. Kegiatan pengabdian ini bertujuan agar informasi tentang kesehatan dan tumbuh kembang anak dapat diakses secara real-time sehingga ibu dapat melihat bagaimana perkembangan anaknya. Ibu juga dapat melihat jadwal posyandu dan artikel yang berkaitan dengan gizi untuk meningkatkan pengetahuan. Pengabdian ini salah satu bentuk kerjasama Politeknik Negeri Banyuwangi, Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam Universitas Airlangga, Puskesmas Wonosobo dan Posyandu Mawar 6 Desa Wonosobo Kabupaten Banyuwangi sebagai upaya mendeteksi dan mencegah stunting sejak dini di Banyuwangi.

 

Keywords

Aplikasi berbasis web, Jadwal Posyandu, Kesehatan ibu dan anak, Posyandu, Stunting

Full Text:

PDF

References

Hoffman DJ, Sawaya AL, Verreschi I, Tucker KL, Roberts SB, “Why are nutritionally stunted children at increased risk of obesity? Studies of metabolic rate and fat oxidation in shantytown children from São Paulo”, Brazil. Am J Clin Nutrition 72:702–7, 2000

Kementerian Kesehatan, “Mengenal Stunting dan Gizi Buruk. Penyebab, Gejala, dan Mencegah”, 2018. [Online]. Available: https://promkes.kemkes.go.id/content/?p=8486. [Accessed: 01-Oktober-2023].

Rizal, M.F., & van Doorslaer, E.2019. Explaining the fall of socioeconomic inequality in childhood stunting in Indonesia. SSM-Population Health, 9, 100469. doi: 10.1016/j.ssmph.2019.100469.

Nur Oktia Nirmalasari. Stunting Pada Anak : Penyebab dan faktor Resiko tunting di Indonesia. QAWWAM: Journal For Gender Mainstreaming, Vol.14, No. 1, hal. 19-28, doi : 10.20414/Qawwam.v14i1.2372.2020

Atikah, R, Fahrini, Y, Andini, O,P, & Lia, A. Study Guide-Stunting dan Upaya Pencegahannya, Cetakan ke-1. Yogyakarta : CV Mine, 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.