Penataan Layout dan Penerapan K3 di Industri Kecil Menengah Pengecoran Logam

Mujiyono Mujiyono, Bayu Rahmat Setiadi, Tri Adi Prasetya, Eka Ary Wibawa

Abstract

Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan kebutuhan dan keharusan untuk dilaksanakan oleh setiap industri. Setiap pekerja berhak mendapatkan perlindungan keselamatan dalam melakukan pekerjaannya. Penerapan K3 yang baik akan berdampak positif terhadap produktivitas tenaga kerja. Berdasarkan hasil identifikasi yang di lakukan di ED Alumunium ditemukan beberapa permasalahan terakit dengan K3. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu mitra dalam menyelesaikan permasalahan K3 yang terjadi di ED alumunium. Kegiatan pengabdian ini terdiri dari Pelatihan K3 dan Penataan layout produksi. Pelatihan K3 betujuan memberikan pengetahuan prinsip K3 kepada karyawan. Penataan layout produksi bertujuan mengoptimalkan proses produksi dengan memperhatikan prinsip-prinsip K3. Dampak yang dihasilkan dari kegiatan ini adalah karyawan mulai peduli dengan prinsip-prinsip K3 seperti penggunaan Alat Pelindung Diri (APD), penataan ulang layout produksi, serta komitmen pimpinan terhadap penerapan K3.

Keywords

penataan layout; penerapan K3; IKM Pengecoran Logam

Full Text:

PDF

References

Abram, S., Palandeng, I. D., & Podaag, J. (2018). Analisis Layout Pabrik Untuk Meningkatkan Kapasitas Produksi Di PT. Celebes Minapratama Kota Bitung. Jurnal EMBA, 6(3), 1488–1497.

Duijm, N. J., Fiévez, C., Gerbec, M., Hauptmanns, U., & Konstandinidou, M. (2008). Management of health, safety and environment in process industry. Safety Science, 46(6), 908–920. https://doi.org/10.1016/j.ssci.2007.11.003

Mulyadi, D. (2020). Pengaruh Sistem Manajemen Keselamatan Dan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Pt . Post Energy Indonesia. Jurnal Papatung, 3(3), 28–41. http://ejournal.goacademica.com/index.php/japp/article/view/309

Putri, N. K., & Sary, F. P. (2015). Pengaruh keselamatan kerja Terhadap Produktivitas Karyawan Pabrik Cold Rolling Mill PT. Krakatausteel (Persero)Tbk. E-Proceeding of Management, 2(1), 115–125.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.