Analisis Kinerja Kapal Akibat Perubahan Konstruksi Skeg pada KM. Danum Barasih

Budhi Santoso

Abstract


Analisis kapal motor ini didasarkan pada perubahan konstruksi skeg. Sedangkan lambung kapal dan permesinan tetap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perhitungan tahanan kapal, pemilihan propeller dan engine matching propeller akibat perubahan konstruksi skeg. Sehingga kita dapat mengetahui kinerja kapal setelah penggantian konstruksi skeg tersebut.

Identifikasi Kapal dan sistem propulsi dilakukan pada kapal pembersih alur KM. Danum Barasih. Hasil dari penelitian ini digunakan sebagai dasar untuk membandingkan perhitungan dan analisis kemampuan dengan kebutuhan daya mesin utama yang diperlukan oleh kapal.

Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis yang telah dilakukan didapatkan bahwa akibat perubahan konstruksi skeg pada kapal KM. Danum Barasih akan mempengaruhi perubahan dimensi propeller. Dengan demikian direkomendasi untuk merubah dimensi propeller yang sudah ada menjadi mengunakan B4 100 dengan diameter 550 mm. Sedangkan perhitungan engine maching propeller rekomendasi dibutuhkan daya main engine sebesar 63 kW untuk dapat memutar propeller dengan diameter 550 mm. Sedangkan daya yang tersedia pada main engine yang digunakan pada kapal adalah 84,6 kW. Dengan adanya perubahan dimensi propeller mesin yang sudah tersedia masih bisa mengatasi beban propeller baru.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.iptek.2015.v19i2.8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexed by:

Sinta S3Google Scholar GARUDA Garba Rujukan DigitalDimensions Logo