Sistem Monitoring Keberadaan Pengunjung Pariwisata Secara Realtime Dengan Metode Wireless Network Clustering

Mochammad Taufik, Hudiono Hudiono, Amalia Eka Rakhmania, Ridho Hendra Yoga P

Abstract


Di era saat ini, perkembangan teknologi sangat pesat, termasuk di bidang pariwisata. Salah satu hal utama yang menjadi perhatian di bidang pariwisata adalah kenyamanan pengunjung, yang dipengaruhi oleh faktor keamanan, terutama keamanan anak-anak. Masalah yang sering terjadi adalah terpisahnya anak dengan keluarganya di tengah keramaian pengunjung pariwisata. Sistem monitoring yang dapat memantau posisi anak-anak merupakan solusi dari permasalahan ini. Sistem monitoring yang diajukan menggunakan metode wireless network clustering dan terdiri dari perangkat statis node, mobile node danserver. Mobile node merupakan perangkat yang dibawa oleh pengunjung anak-anak yang berfungsi mengirimkan data posisi secara realtime ke statis node menggunakan modul transmisi RF HC-12, sedangkan statis node berfungsi sebagai penangkap pancaran dari mobile node, yang kemudian mengirimkan data pada server untuk kemudian ditampilkan di perangkat android yang dibawa oleh orang tua atau keluarganya. Hasil pengujian menunjukkan bahwa data dapat dikirim dengan optimal ketika pengaturan RF HC-12 menggunakan daya transmisi 20 dBm dan posisi antenna spring vertikal. Statis node dipasang dengan jarak 15 meter satu sama lain, sesuai dengan radius maksimal pengiriman data RF HC-12. Akurasi yang didapat mencapai 92% dengan 1000 kali percobaan pengiriman data. 


Keywords


clustering; static node; mobile node; RF HC-12 module

References


Kementrian Pariwisata Republik Indonesia, “Data Kunjungan Wisatawan Mancanegara Bulanan Tahun 2018 Submenu,” 2019. [Online]. Available: http://www.kemenpar.go.id/post/data-kunjungan-wisatawan-mancanegara-bulanan-tahun-2018. [Accessed: 29-Jul-2019].

M. A. Haidar, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Jamaah Haji Berbasis Komunikasi Radio,” Politeknik Negeri Malang, 2016.

N. F. Fadila, “Rancang Bangun Jaringan Vehicular Ad Hoc Network (VANET),” Politeknik Negeri Malang, 2017.

Y. T. Harianto, “Rancang Bangun Sistem Pemetaan Posisi Parkir Sepeda Motor Berbasis Wireless Sensor Network,” Politeknik Negeri Malang, 2017.

“Datasheet HC-12 Wireless Serial Port Communication Module.,” 2012.

M. Saifuddin and L. Anifah, “Rancang Bangun Sistem Wireless Sensor Network untuk Sensor Getaran Berbasis Arduino,” J. Tek. Elektro, vol. 6, no. 3, pp. 147–153, 2017.

I. P. A. E. Pratama and S. Suakanto, Wireless Sensor Network WSN Teori Dan Praktek. Bandung: Informatika, 2015.

E. Irwansyah, “Clustering,” 2017. [Online]. Available: https://socs.binus.ac.id/2017/03/09/clustering/. [Accessed: 25-Jul-2019].

I. N. T. Wirawan, L. A. Rahmania, R. M. Ijtihadie, and R. Anggoro, “Survei Teknik Clustering Routing Berdasarkan Mobilitas pada Wireless Ad-hoc Network,” JUTI J. Ilm. Teknol. Inf., vol. 14, no. 1, pp. 21–28, 2016.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.iptek.2019.v23i2.516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexed by:

Sinta S3Google Scholar GARUDA Garba Rujukan DigitalDimensions Logo