3D Virtual prototyping dalam Perbaikan Desain Fasilitas Tempat Kerja: Studi Kasus CV. XYZ

Benazir Imam Arif Muttaqin, Ully Asfari, Hawwin Mardhiana, Shanggabuana Adhitya Shamaradewa, Gagas Putra Dawangga

Abstract


Seperti yang kita ketahui, tata letak fasilitas merupakan hal yang sangat penting karena berpengaruh terhadap produktivitas kerja. Di industri manufaktur, perancangan dan optimasi tata letak fasilitas umumnya dilakukan dengan pendekatan facility layout planning berdasarkan kriteria ongkos material handling. Pendekatan tersebut memiliki beberapa kelemahan, salah satunya adalah bias terkait jarak dan kurang mempertimbangkan faktor lain seperti faktor psikologis dan perspektif dari pengguna/operator. Virtual reality (VR) dan 3D Virtual prototyping adalah salah satu pendekatan terkini yang dimanfaatkan dalam perancangan dan optimasi tata letak fasilitas. Penelitian ini adalah tahap awal dari pengembangan prosedur perancangan tempat kerja secara virtual dengan mengintegrasikan pendekatan facility layout planning dan simulasi VR. Penelitian ini menggunakan data empirik yang diperoleh dari studi kasus pada salah satu perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang usaha konveksi. Hasil dari penelitian ini berupa 3D Virtual prototyping dari rancangan tata letak fasilitas yang nantinya akan dievaluasi menggunakan simulasi VR.

Keywords


virtual prototyping; virtual reality; tata letak fasilitas; produktivitas

Full Text:

PDF

References


M. Bellgardt, S. Pick, D. Zielasko, T. Vierjahn, B. Weyers, and T. W. Kuhlen, “Utilizing immersive virtual reality in everydaywork,” in 2017 IEEE 3rd Workshop on Everyday Virtual Reality, WEVR 2017, 2017.

B. I. A. Muttaqin, W. A. Prastyabudi, and R. A. Zunaidi, “Workplace design selection framework to increase productivity by using virtual reality,” in AIP Conference Proceedings, 2020.

T. Huang, C. W. Kong, H. L. Guo, A. Baldwin, and H. Li, “A virtual prototyping system for simulating construction processes,” Autom. Constr., 2007.

J. B. P. D. Filho, B. M. Angelim, J. P. Guedes, M. A. F. De Castro, and J. D. P. B. Neto, “Virtual design and construction of plumbing systems,” in Open Engineering, 2016.

S. Kumar, M. Hedrick, C. Wiacek, and J. I. Messner, “Developing an experienced-based design review application for healthcare facilities using a 3D game engine,” Electron. J. Inf. Technol. Constr., 2011.

I. Németh et al., “3D design support for rapid virtual prototyping of manufacturing systems,” in Procedia CIRP, 2013.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.iptek.2021.v25i1.1164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.