Implementasi Association Rule Pada Transaksi Penjualan Menggunakan Metode Neural Network Backpropagation

Nabila Putri, Mohammad Zoqi Sarwani, Rudi Hariyanto

Abstract

Pertumbuhan perdagangan dan penjualan telah menghasilkan volume data transaksi
yang besar dan kompleks. Analisis data transaksi dapat memberikan wawasan berharga tentang
pola pembelian pelanggan dan asosiasi antara item yang dibeli. Dalam penelitian ini, kami
mengusulkan pendekatan baru untuk mengekstraksi aturan asosiasi dari data transaksi penjualan
menggunakan metode Neural Network Backpropagation. Pendekatan ini mengintegrasikan
kekuatan jaringan saraf untuk memodelkan pola kompleks dalam data transaksi untuk menemukan
hubungan antara item yang dibeli. Pertama, data transaksi diubah menjadi representasi biner
yang sesuai untuk pemrosesan oleh jaringan saraf. Selanjutnya, jaringan saraf feedforward
dengan lapisan tersembunyi diinisialisasi dan dilatih menggunakan algoritma backpropagation.
Kami menguji pendekatan kami menggunakan dataset transaksi penjualan dari data di PT.
Program Induk Utama. Hasil percobaan menunjukkan bahwa pendekatan yang diusulkan mampu
menemukan aturan asosiasi yang signifikan dan bermakna dalam dataset penjualan, dengan
tingkat keakuratan 92,30%, epoch 1312, dan MSE 0,0009979927. Selain itu, pendekatan ini
menawarkan kelebihan dalam menangani pola-pola yang kompleks dan tidak terstruktur dalam
data transaksi.

Full Text:

PDF

References

Budi Mulyono and Nursalim, “Prediksi Rentet Waktu Penjualan Barang Menggunakan

Algoritma Backpropagation,” J. Kolaboratif Sains, vol. 6, no. 2, pp. 131–139, 2023, doi:

56338/jks.v6i2.3300.

M. Mulyana, “Manajemen Sumber Daya Manusia (Sdm) Ritel Dalam Meningkatkan Kinerja

Perusahaan Oleh Mumuh Mulyana,” J. Ilm. Ranggagad., vol. 10, no. 2, pp. 164–170, 2010.

I. Djamaludin and A. Nursikuwagus, “Analisis Pola Pembelian Konsumen Pada Transaksi

Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput.,

vol. 8, no. 2, p. 671, 2017, doi: 10.24176/simet.v8i2.1566.

A. A. Fajrin and A. Maulana, “Penerapan_Data_Mining_Untuk_Analisis_Pol,” Kumpul. jurnal,

Ilmu Komput., vol. 05, no. 01, pp. 27–36, 2018.

W. A. Triyanto, “Association Rule Mining Untuk Penentuan Rekomendasi Promosi Produk,” J.

SIMETRIS, vol. Vol.5, no. No.2, pp. 121–126, 2014.

S. Andriyani and N. Sihombing, “Implementasi Metode Backpropagation Untuk Prediksi Harga

Jual Kelapa Sawit Berdasarkan Kualitas Buah,” Jurteksi, vol. 4, no. 2, pp. 155–164, 2018, doi:

33330/jurteksi.v4i2.40.

M. Yanto, E. P. W. Mandala, D. E. Putri, and Y. Yuhandri, “Peramalan Penjualan Pada Toko

Retail Menggunakan Algoritma Backpropagation Neural Network,” J. Media Inform.

Budidarma, vol. 2, no. 3, pp. 110–117, 2018, doi: 10.30865/mib.v2i3.811.

R. R. Putra, “TRANSAKSI,” vol. 3, no. 1, pp. 16–20, 2019.

M. F. Mubarokh, M. Nasir, and D. Komalasari, “Jaringan Syaraf Tiruan Untuk Memprediksi

Penjualan Pakaian Menggunakan Algoritma Backpropagation,” J. Comput. Inf. Syst. Ampera,

vol. 1, no. 1, pp. 29–43, 2020, doi: 10.51519/journalcisa.v1i1.3.

S. Hadija, E. Irawan, and I. S. Damanik, “Penerapan Data Mining Pada Pola Penjualan Barang

di Minimarket Menggunakan Algoritma Apriori Application of Data Mining on Patterns of Sales

of Goods …,” … Artif. Intell., vol …, vol. 1, no. 4, 2022, doi: 10.55123/jomlai.v1i4.1668.

M. Syafiq, D. Hartama, I. O. Kirana, I. Gunawan, and A. Wanto, “Prediksi Jumlah Penjualan

Produk di PT Ramayana Pematangsiantar Menggunakan Metode JST Backpropagation,”

JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 7, no. 1, p. 175, 2020, doi: 10.30865/jurikom.v7i1.1963.

D. Kurniasari and M. N. Ammar, “Analisis Struktur Terbaik Neural Network dengan Algoritma

Backpropagation dalam Memprediksi Indeks Kandungan Sulfida ( SO 2 ) di Ibu Kota Jakarta

Best Structural Analysis of Neural Network with Backpropagation Algorithm in Predicting

Sulfide Content Index,” vol. 12, no. 2, pp. 321–329, 2024, doi: 10.26418/justin.v12i2.76166.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.