Penentuan Program Pendukung Pengendalian Perubahan Iklim Untuk Usia Sekolah Melalui Kegiatan Kompetisi Wawasan (Studi Kasus Proklim RW 07 Gunung Anyar Tambak, Kota Surabaya)

Mar'atus Sholikhah, Mohamad Mirwan

Abstract


RW 07, Kelurahan Gunung Anyar Tambak merupakan salah satu lokasi ProKlim. Di wilayah tersebut terdapat kelembagaan ProKlim bernama Kelompok Tani Wisma Indah. Dalam sistem kaderisasinya, ProKlim memiliki program yang mendukung pengendalian perubahan iklim untuk usia sekolah/pelajar. Namun dalam kelembaagaan ProKlim RW 07 Kelurahan Gunung Anyar Tambak masih belum ada program tersebut. Sehingga dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat wawasan anak usia sekolah di RW 07 Kelurahan Gunung Anyar mengenai upaya pengendalian perubahan iklim, sehingga nantinya dapat ditentukan program pendukung pengendalian perubahan iklim yang tepat untuk dilaksanakan. Metode yang digunakan yaitu melalui kompetisi dengan beberapa tahapan penelitian yakni membagikan kuesioner, menentukan skoring, melakukan penilaian, serta menentukan persentase pemahaman (%) dan saran rekomendasi. Materi kuesioner terbagi menjadi tiga yakni PHBS, pengelolaan sampah, dan pemanfaatan air. Hasil penelitian menggambarkan bahwa tingkat wawasan dari sebagian besar subjek penelitian yaitu berwawasan sedang pada materi pengelolaan sampah. Sehingga rekomendasi yang diharapkan yaitu dijalankannya program yang berfokus pada sosialisasi dan penerapan aksi pengelolaan sampah.

References


Aprilianti, D., Herawati, M. N., & Isnaini, H. (2019). Pengaruh Pemberian Hadiah terhadap Minat Siswa dalam Menulis Teks Cerpen pada Siswa SMP. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(3), 427-432.

Ardiantoro, G. (2013). Analisis Tingkat Pemahaman Siswa Berdasarkan Teori APOS dalam Mempelajari Persamaan Garis Lurus ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa SMP Negeri 6 Nganjuk.

Direktorat Adaptasi Perubahan Iklim. (2021). Peraturan Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Nomor P.4/PPI/API/PPI.0/3/2021 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Kampung Iklim.

Kemdikbud. (2022). Peran dan tanggung jawab kader kesehatan sekolah dalam program gizi UKS [Halaman web]. Diakses dari https://ditsmp.kemdikbud.go.id/peran-dan-tanggung-jawab-kader-kesehatan-sekolah-dalam-program-gizi-uks/#:~:text=Kader%20kesehatan%20sekolah%20adalah%20peserta,sekolah%20di%20lingkungan%20satuan%20pendidikan.

Lurah Gunung Anyar Tambak. (2021). Keputusan Lurah Gunung Anyar Tambak Nomor 29/2021 Tentang Pembentukan dan Pengangkatan Pengurus Poktan (Kelompok Tani) Kelurahan Gunung Anyar Tambak Kecamatan Gunung Anyar Tambak Kota Surabaya.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. (2022). SK. 1084/MENLHK/PPI/PPI.0/10/2022 Tentang Penerima Penghargaan ProKlim Tahun 2022.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.envitats.2023.v3i2.4500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.