2020

MEMENANGKAN PASAR DENGAN DESAIN KEMASAN PRODUK

Pasar ibarat arena pertempuran. Di medan inilah, produk akan diuji, apakah akan menjadi pemenang pasar, ataukah menjadi pecundang. Pada situasi yang kompetitif inilah menuntut tiap produsen untuk melakukan diferensiasi produk agar senantiasa bisa bertahan memenangkan pasar. Produk yang ada tersebut dikomunikasikan secara visual, lalu dirancanglah kemasan yang menarik. Desain kemasan, dari sudut pandang penampilan, berfungsi untuk membedakan setiap jenis produk yang berbeda. Untuk produk yang sama, kemasan berfungsi untuk menambah daya tarik dan minat konsumen. Desain kemasan menjadi alat penjualan yang sangat efektif ketika produsen telah menentukan suatu kelas pangsa pasar tertentu untuk dibidik.
Jika sudah demikian, produsen akan fokus pada kemasan yang disesuaikan dengan nilai, selera, gaya hidup dan habit atau kebiasaan konsumen. Elemen-elemen tersebut akan membantu dalam rangka mendesain kemasan yang tepat sasaran sebagai sarana komunikasi produk kepada konsumen. Jika dahulu kemasan dipandang hanya sekadar “wadah”, sekarang sudah tidak berlaku lagi. Kemasan memainkan peran yang sangat penting dalam menggaet calon konsumen. Buku yang ada di tangan Anda ini mengungkap seluk beluk bagaimana kemasan berperan dalam memenangi pasar. Di dalamnya dibahas betapa kemasan sangat menentukan apakah suatu produk “layak” dibeli atau tidak.
Buku ini penting sebagai rujukan, baik bagi para praktisi pemasaran, pelaku UKM, maupun akademisi yang concern dalam kajian etno-semiotika. Penulis menyadari, buku ini masih banyak kekurangan. Untuk itu, kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan demi perbaikan buku ke depan.

ISBN:9786323611191
Cetakan I, Juli 2020

Penulis : Moch. Junaidi Hidayat
Editor : Alviana C.
Desain Sampul : Ityan Jauhar
Layout : M. Hakim

Diterbitkan oleh:
Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI)
Jln. Jomblangan Gg. Ontoseno B.15 RT 12/30
Banguntapan Bantul DI Yogyakarta
Email: [email protected]
Website: www.samudrabiru.co.id
WA/Call: 0812-2607-5872

Table of Contents

Articles

Moch Junaidi Hidayat
PDF
1-171