PERWUJUDAN KARAKTER BARONG PADA DESAIN BANGUNAN TEATER DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR NEO VERNAKULAR DI KOTA BLITAR

Silvia Narurita Putri, Esty Poedjioetami, Suci Ramadhani

Abstract


Kesenian merupakan bagian dari budaya yang digunakan untuk sarana pengekspresian rasa dari dalam jiwa manusia, selain itu kesenian juga berfungsi sebagai media dalam melestarikan adat serta nilai kebudayaan dan menentukan norma perilaku pada manusia. Kesenian juga bisa meningkatkan solidaritas suatu masyarakat. Pada hakikatnya kesenian merupakan kepercayaan manusia dalam menyatakan nilai-nilai dan keluhuran lewat media seni[1]. Agar kesenian tetap hidup dan berkembang maka diperlukan pengembangan terhadap kesenian tersebut. Di Kota Blitar sendiri kesenian masih sangat dilestarikan, salah satunya adalah kesenian Jaranan dan Barong.

Full Text:

PDF

References


Kayam, Umar.1981.Seni Tradisi Masyarakat. Jakarta: Sinar Harapan

D. Z. Mufrihah, “Fungsi Dan Makna Simbolik Kesenian Jaranan Jur Ngasinan Desa Sukorejo Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar,” Mudra J. Seni Budaya, vol. 33, no. 2, hlm. 171, Mei 2018, doi: 10.31091/mudra.v33i2.337.

H. A. Radhia, “DINAMIKA SENI PERTUNJUKAN JARAN KEPANG DI KOTA MALANG,” vol. 02, no. 02, hlm. 14.

C. N. Shofa dan J. Tari, “JEPAPLOK: KOREOGRAFI PENGGAMBARAN HEWAN MITOLOGI JAWA,” hlm. 14.

R. P. Bahansubu, D. J. O. Waani, C. E. V. Wuisang, dan M. UrbHabMgt, “BOLAANG MONGONDOW CULTURAL CENTER,” hlm.

C. Widi dan L. Prayogi, “Penerapan Arsitektur Neo-Vernakular pada Bangunan Buday dan Hiburan,” J. Arsit. ZONASI, vol. 3, no. 3, hlm. 282–290, Okt 2020, doi: 10.17509/jaz.v3i3.23761.

A. Farhani, N. B. Hartanti, dan H. Utomo, “PENDEKATAN NEO VERNAKULAR PADA PENGOLAHAN BENTUK ATAP PASAR WISATA KOTA BATU SEBAGAI EFISISENSI PELESTARIAN BUDAYA,” vol. 17, no. 2, hlm. 10, 2019.

D. Erdiono, “ARSITEKTUR ‘MODERN’ (NEO) VERNAKULAR di INDONESIA,” hlm. 8.

M. N. Sulaiman dan S. Ramadhani, “EKSPLORASI MOTIF KERAJINAN ANYAMAN BAMBU PADA FASAD BANGUNAN GEDUNG SENTRA INDUSTRI KERAJINAN ANYAMAN BAMBU DI LAMONGAN DENGAN TEMA ARSITEKTUR NEO VERNAKULAR,” hlm. 9.

F. T. Mustika dan S. Azizah, “PENDEKATAN BENTUK ARSITEKTUR VERNAKULAR RUMAH JOGLO PADA DESAIN PASAR DAN SENTRA KULINER TRADISIONAL DI KOTA MADIUN,” hlm. 9. [11] F. Kurniati, “Representasi sebagai Bentuk Komunikasi dalam Arsitektur,” hlm. 4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Katalog Buku Karya Dosen ITATS