Penerapan Hybrid Expression pada Bentuk Bangunan Sirkuit Balap Motor di Kota Lamongan

Septyo Rizky Winarto, Sigit Hadi Laksono, Ika Ratniarsih

Sari


Kota Lamongan pernah menjadi tempat ajang balap motor tetapi tidak pada tempat yang sesuai, karena pelaksanaannya di jalan raya dengan cara menutup jalan tersebut. Tempat pelaksanaan tersebut tidak sesuai dengan syarat pelaksanaan ajang balap motor karena dari segi fasilitas dan juga keamanan yang kurang. Kebanyakan yang melakukan kegiatan tersebut ialah para pemuda generasi Z yang mempunyai karakter diantaranya adalah digital native, ambisius, serba instan, berjiwa bebas dan kritis. Kegiatan tersebut bisa mengganggu pengguna jalan lain serta keselamatan diri sendiri dan orang lain. Desain sirkuit ini bertujuan untuk memfasilitasi para pecinta balap motor untuk menyalurkan hobi yang lebih aman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini berkaitan dengan pengumpulan data untuk memberikan gambaran tentang suatu gejala. Tema yang digunakan pada desain bangunan tersebut adalah Arsitektur Kontemporer dengan konsep Makro Atractif dan konsep mikro bentuk Hybrid Expression dengan memadukan bentuk Gapura Paduraksa yang menjadi salah satu ikon kota Lamongan. Hal tersebut yang akan dituangkan dalam sebuah desain bentuk bangunan pada sirkuit yang ada di kota Lamongan. diharap mampu menjadi media masyarakat untuk ajang perlombaan maupun menambah fasilitas olahraga balap motor di Indonesia.

Kata Kunci


Arsitektur; Balap; Hybrid Expression; Kontemporer; Lamongan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arjiyanti, D. K., Ratniarsih, I., & Laksmiyanti, D. P. (2021). Aplikasi Konsep Representatif terhadap Bentuk Bangunan Pusat Pengembangan Produk Kreatif di Menganti Kabupaten Gresik. Tekstur (Jurnal Arsitektur), 2(2), 205-212.

De Chiara, J. (2001). Time-saver standards for building types. McGraw-Hill Professional Publishing.

Febriyan, G. E., & Priyanto, A. (2015). PERANAN SEKOLAH DALAM MENANGGULANGI PERILAKU MENYIMPANG SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 13 KOTA MAGELANG.

Fithri, C. A. (2019). Penerapan Unsur Patung pada Perancangan Lansekap. Arsitekno, 6(6), 47-54.

Gumilang, G. S. (2016). Metode penelitian kualitatif dalam bidang bimbingan dan konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2).

Gunawan, D. E. K., & Prijadi, R. (2011). Reaktualisasi Ragam Art Deco Dalam Arsitektur Kontemporer. Media matrasain, 8(1).

Hidayatullah, R. (2018). Evaluasi Penerapan Karakteristik Arsitektur Kontemporer (Studi Kasus: Design Masjid Ontowiryo Di Purworejo, Jawa Tengah) (Master's thesis, Universitas Islam Indonesia).

Indonesia, I. M. (2014). Peraturan Nasional Olahraga Kendaraan Bermotor.

Mutmainnah, M., Wasilah, W., & Rusli, A. (2017). EXPLORASI DESAIN SIRKUIT BALAP MOBIL FORMULA SATU DI MAKASSAR DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR MODERN. Nature: National Academic Journal of Architecture, 4(1), 39-46.

Nasional, P. P. (2021). Laporan Riset Implementasi Sinkronisasi Perencanaan dan Penganggaran Pembangunan Nasional.

Neufert, E. (1996). Data Arsitek Jl. 33. Erlangga.

Neufert, E., & Amril, S. (1995). Data Arsitek jilid 2 edisi kedua. Erlangga, Jakarta.

Nurfanto, L., Sari, A. P., Harwika, D. M., Michael, T., & Hadi, S. (2021). Kebaruan Dalam Jurnal. Tomy Michael.

Pakaya, G. A., Rogi, O. H., & Anasiru, M. M. (2018). Mall K5 Di Manado. Hybrid Architecture (Doctoral dissertation, Sam Ratulangi University).

Rochman, A., Ujianto, M., & Hidayatulloh, N. R. (2021). KUAT LENTUR PELAT BETON PRECAST SEGMENTAL TANPA GROUTING MENGGUNAKAN TULANGAN KONVENSIONAL DENGAN PEREKAT LEM BETON. Civil Engineering, Environmental, Disaster & Risk Management Symposium (CEEDRiMS) Proceeding 2021.

Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). MANAJEMEN PENGELOLAAN TURNAMENT BALAP MOTOR CROSS DI KABUPATEN PINRANG. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 2(1), 16-21.




DOI: https://doi.org/10.31284/j.tekstur.2022.v3i2.3334

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.