Konsep Bangunan Pintar pada Perancangan Pusat Fasilitas Desainer Surabaya

Dina Ayu Pratiwi, Randy Pratama Salisnanda, Annisa Nur Ramadhani

Sari


Pendidikan merupakan salah satu elemen krusial dalam membentuk kreatifitas dan pengembangan inovasi. Di zaman yang semakin berkembang ini diperlukan peningkatan fasilitas pendidikan informal yang mewadai. Pendidikan informal ini juga diharapkan dapat mengembangkan potensi, talenta, sertas kreatifitas dengan maksimal yang tidak didapatkan pendidikan formal.Tujuan bangunan ini diciptakan untuk memfasilitasi pengembangan empat sektor industri kreatif yaitu dalam bidang fashion, kerajinan tangan (Produk), grafis (DKV), serta bangunan (interior). target pada bangunan ini adalah seluruh pelaku penggiat industri kreatif , terutama yang memiliki minat untuk menyalurkan kreativitas dan integritas yang tinggi menggunakan tema yg diambil ialah “Eco-futuristik” dengan konsep makro yaitu bangunan Pintar, serta mikro konsep keberlanjutan pada tatanan bentuk, mikro konsep jelas dan terarah pada tatanan lahan, dan mikro konsep bebas pada tatanan ruang. Hasil perancangan ini yaitu Perencanaan dan Perancangan Pusat Fasilitas Desainer Surabaya, sehingga diharapkan hasil rancangan dapat bermanfaat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arwanto, C. P. V., Nugraha, B. S., & Widiyarta, A. (2020). Strategi City Branding Kota Surabaya Sparkling Surabaya dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Perspektif, 9(2), 322–328. https://doi.org/10.31289/perspektif.v9i2.3646

Basri, D. M. E., & Rayaman, J. (2019). Perbandingan Ukuran Meja-Kursi Ruang Kelas Berdasarkan Studi Literatur dan Kenyamanan Ergonomi (Studi Kasus: Ruang Kelas 206, 303, 305 Universitas Tanri Abeng). Jurnal Arsitektur Dan Kota Berkelanjutan, 01(1), 21–31. https://jurnal.tau.ac.id/index.php/arsitekta/article/view/129

Depdiknas. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Kamus Pusat Bahasa. https://oldi.lipi.go.id/public/Kamus Indonesia.pdf

Fauzi, M., Sundari, T., & Samra, B. (2019). Pekanbaru Science and Technology Center dengan Pendekatan Arsitektur Futuristik Berbasis Teknologi Tinggi. Jurnal Teknik, 13(2), 136–144. https://doi.org/10.31849/teknik.v13i2.3468

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1), 133–146. http://repository.ikado.ac.id/61/1/172-2-480-1-10-20180731.pdf

Hidayat, M. A., Anwar, A., & Noer, H. (2017). Pendidikan Non Formal dalam Meningkatkan Keterampilan Anak Jalanan. Edudeena, 1(1), 31–42. https://media.neliti.com/media/publications/240945-pendidikan-non-formal-dalam-meningkatkan-b3d15511.pdf

Kamil, A. (2015). Industri Kreatif Indonesia: Pendekatan Analisis Kinerja Industri. Media Trend, 10(2), 165–182. https://journal.trunojoyo.ac.id/mediatrend/article/view/946

Pratasik, A. I., & Sangkertadi. (2011). Arsitektur Pintar. Media Matrasain, 8(2), 16–28. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jmm/article/view/323

Sachari, A., & Sunarya, Y. Y. (2000). Pengantar Tinjauan Desain. In ResearchGate. Penerbit ITB. https://www.researchgate.net/publication/306012610_PENGANTAR_TINJAUAN_DESAIN

Titisari, E. Y., Santoso, J. T., & Suryasari, N. (2012). Konsep Ekologis pada Arsitektur di Desa Bendosari. Review of Urbanism and Architectural Studies, 10(2), 20–31. https://doi.org/10.21776/ub.ruas.2012.010.02.3

Tsamara, A. N., & Nugraha, J. (2021). Penerapan Service Excellence Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Layanan Humas Pemerintah Kota Surabaya (Studi pada Koridor Co-Working Space). Jurnal Pendidikan Administrasi …, 9(1), 224–235. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/9577




DOI: https://doi.org/10.31284/j.tekstur.2022.v3i1.2847

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.