PENERAPAN E-COMMERCE DI PASAR SENI SUKAWATI

Bisma Saputra

Abstract


Pasar Seni Sukawati merupakan salah satu pasar tradisional terbesar yang ada di pulau Bali, tepatnya di Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Kunjungan wisatawan yang kian menurun berdampak pada pendapatan penjualan para pelaku usaha pengerajin tradisional di Pasar Seni Sukawati. Sehingga diperlukan media atau perantara guna memperluas penjualan hingga ke mancanegara. Tujuan dari penelitian ini adalah mendorong pemasaran produk di Pasar Seni Sukawati khususnya bagi pelaku usaha kerajinan tradisional serta memudahkan proses transaksi bagi penjual maupun pembeli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode analisis dan observasi, langkah - langkahnya meliputi studi literatur, identifikasi masalah hingga pengumpulan data-data kemudian pembuatan website. Hasil dari penelitian ini, penjual dan pembeli dengan mudah melakukan transaksi dan membeli produk tanpa harus datang langsung ke pasar seni Sukawati. Dengan adanya E-Commerce ini diharapkan penjual dapat memperluas perdagangan produk tradisionalnya hingga ke mancanegara.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31284/j.kernel.2021.v2i2.1848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bisma Saputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diindeks oleh:
Google Scholar logo Dimensions Logo