DESAIN CLUTCH BAG BERBAHAN KAIN TENUN DAN MANIK-MANIK KHAS NUSA TENGGARA TIMUR

Leddy Syifra Julya Solle, Ningroom Adiani

Abstract


Kain tenun dan manik-manik khas Nusa Tenggara Timur  merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia. Kini kain tenun sedang diminati baik pasar lokal maupun internasional, namun disayangkan hasil tenunan didaerah ini masih belum mampu dipasarkan secara optimal, apalagi mata pencarian kaum perempuan didaerah ini rata-rata adalah menenun. Sehingga dalam perancangan ini, difokuskan untuk bagaimana meningkatkan ekonomi  perempuan dan juga sekaligus mengenalkan kain tenun dan manik-manik sebagai upaya melestarikan budaya. Mix metode merupakan penggabungan metode kualitatif dan kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini guna memahami fenomena yang sedang terjadi dan mendapatkan data yang dibutuhkan untuk proses desain melalui analisis kebutuhan dan analisis desain. Hasil penelitian ini adalah  kebutuhan dan konsep akan desain  clutch bagberbahan kain tenun dan manik-manik.

Keywords


kain tenun,manik-manik,clutch bag

Full Text:

PDF

References


Data Referensi Kementerian Perindustrian “Lestarikan Produk Tenun.” [Online]. Available: http://www.kemenperin.go.id/artikel/9233. [Accessed: 12-Agt-2019].

Regina Mone, “Pesona Anahida, Untaian Mutiara Khas Nusa Tenggara Timur”[Online]. Available:. https://mnews.co.id/read/umkm-nusantara/pesona-anahida-untaian-mutiara-khas-nusa-tenggara-timur, [Accessed: 12-Agt-2019].

Rayful Mudassir, “berkatbatikdantenunindonesiabakaljadikiblat trend busanaetnikdunia”[Online]. Available:https://lifestyle.bisnis.com/read/20180925/104/841574.[Accessed: 12-Agt-2019].

Milena de Araujo Mau,“Kain tenun belu sebagai daya tarik wisata di Nusa Tenggara Timur”. Sekolah Tinggi Pariwasata Ambarrukmo Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Domestic Case Study.2017

Luh Kade Citha Yuliati,“Kajian Manik-Manik dari Situs Pangkung Paruk, Buleleng, Bali”. Forum arkeologivolume 25 No 1. 2012

Mapnall. “Provinsi Nusa Tenggara Timur”. [Online]. Available: https://www.mapnall.com/id/Peta-NusaTenggaraTimur_1104177.html.[Accessed: 12-Agt-2019].

Bag Subject.“Mengenal clutch bag, pengertian dan panduan memilih clutch bag”[Online]. Available:.http://www.bagsubject.net/2017/11/ .[Accessed: 12-Agt-2019].

sugiyono, “Metode Penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta.2013


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.