PENERAPAN TEMA ARSITEKTUR PERILAKU PADA PERANCANGAN PENGOLAHAN DAN PENJUALAN DAGING TERNAK (MODERN) DI KOTA SURABAYA

Dedi Setiawan, Amir Mukmin Rachim, Ika Ratniarsih

Abstract


Surabaya merupakan Ibu kota dari provinsi Jawa Timur, Masyarakat Surabaya merupakan masyarakat dengan konsumsi daging yang tinggi. Saat ini belum ada tempat yang secara khusus melayani masyarakat dalam hal menyediakan daging halal dengan kualitas baik dan modern. Menjadi alasan perlu dibangun Pengolahan dan Penjualan Daging Ternak (Modern) Kota Surabaya. Menggunakan metode penelitian deskriptif, Studi lapangan dan Studi literatur. Obyek untuk studi lapangan yaitu Pasar Induk Puspa Agro di Sidoarjo dan Meatshop Gourmet di Surabaya. Obyek untuk studi literatur adalah Fishme Fishmarket di belgia dan Indoguna Meatshop di Jakarta. Proyek ini berlokasi di Jl. Mayjend Sungkono, Gn. Sari, Kec. Dukuhpakis, Kota Surabaya, Dengan luas tapak ±2,1 hektar. Menggunakan Tema Arsitektur Perilaku. Konsep makro yang digunakan adalah praktis. Diaplikasikan dengan mendesain bentukan kotak untuk memaksimalkan kebutuhan lahan dan fungsi. Konsep mikro tatanan lahan Praktis diaplikasikan dengan peletakkan Gedung Penerimaan, Pengolahan, Pengemasan, Penyimpanan, Penjualan Daging dan Parkir terpisah membentuk sirkulasi kendaraan satu arah yang tidak membingungkan. Konsep mikro bentuk Komunikatif diaplikasikan dengan menggunakan tipologi bentuk bangunan industri dengan bentukan kotak dan tidak terlalu atraktif. Konsep mikro ruang Praktis di diaplikasikan dengan penggunaan pola grid pada ruang di setiap gedung sehingga cepat dan mudah diakses oleh setiap pengguna.

Keywords


Pengolahan, Penjualan Daging, Modern, Praktis, Arsitektur Perilaku

Full Text:

PDF

References


D.K. Ching, Francis. 2009. Bentuk, Ruang, dan Tatanan. Jakarta: Erlangga.

Frick, Heinz. 2006. Dasar-dasar arsitektur ekologis. Yogyakarta: Kanisius.

Hadiwiyoto, S. 1983. Hasil-hasil Olahan Susu, Ikan, Daging dan Telur. Yogyakarta: Liberty.

Komariah, Surajudin dan D. Purnomo. 2005. Aneka Olahan Daging Sapi, Sehat, Bergizi dan Lezat. Jakarta: Agromedia Pustaka.

Laurens, Joyce Marcella. 2005. Arsitektur dan Perilaku Manusia. Jakarta: Grasindo.

Mangunwijaya, Y.B. 1989. Wastu citra, Pengantar Ilmu budaya bentuk arsitektur sendi-sendi filsafatnya,beserta contoh-contoh praktis. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Soeparno. 1992. Ilmu dan Teknologi Daging. Yogyakarta: UGM Press.

http://adinda-trianda.blogspot.co.id/2012/04/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html di akses pada tanggal 6 November 2017 pukul 16.25 WIB.

http://istiqamahsyawal.blogspot.co.id/2012/04/pola-perilaku-dan-lingkungan-behavioral.html diakses pada tanggal 6 November 2017 pukul 16.15 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.