DESAIN PESANTREN MUSLIMAH MENENGAH KEATAS DENGAN SISTEM STRUKTUR MODULAR DI GRESIK DENGAN PENONJOLOAN ARSITEKTUR BERWAWASAN LINGKUNGAN

Rahmah Abidah, Broto Wahyono Sulistyo, Suci Ramadhani

Abstract


Kabupaten Gresik merupakan kota berkembang sama halnya seperti Surabaya dan juga dikenal sebagai kota santri, disana terdapat wisata religi serta pondok pesantren. Penggunaannya sendiri pada Kota Gresik dirasa sangat umum, namun untuk pondok pesantren dengan penekanan bentuk terhadap sistem struktur sangatlah jarang ditemuka. Alasan pemilihan lokasi site ini adalah karena berlokasi didekat makam Sunan Giri dan juga berada di wilayah kota dengan panggilan “Kota Santri’’, hanya saja tidak banyak yang mengedepankan penggunaan adaptasi dengan alam juga pembangunan ekologi. Tujuan dari proyek ini untuk mendorong pembangunan Pondok Pesantren dengan penonjolan berwawasan lingkungan sebagai wadah belajar santri putri untuk mengeksplor lingkungan belajar baru dan terbuka. Dengan menggunakan metode penelitian yang deskriptif yang dikira mampu menunjukkan gambaran fenomena awal dari proyek ini. Proyek ini bertema “Arsitektur Berwawasan Lingkungan”. Menggunakan mikro konsep tatanan lahan “Terpusat”. Jenis pola ini merupakan tipe yang menentukan satu fungsi ruang yang akan dijadikan pusat perhatian pengguna bangunan. Mikro konsep bentuk “Geometris Islami” Geometris merupakan salah satu desain islami yang cukup banyak digunakan di beberapa bangunan islam. Dari segi fasad maupun ide bentuk dalam bangunan itu sendiri. Mikro konsep ruang “Feminism Muslimah”. Konsep mikro ruang ini memiliki penerapan privasi yang tinggi dan juga penerapan kesan muslimah pada tiap ruang yang digunakan.

Keywords


Pondok Pesantren, Aliah putri, Struktur Modular, Berwawasan Lingkungan

Full Text:

PDF

References


Laurens, Joyce Marcella. 2004. Arsitektur dan Perilaku Manusia. PT Grasindo; Jakarta.

Frick ,Heinz. 1996. Arsitektur dan Lingkungan. Kanisius; Yogyakarta.

Subhan,Fauti. 2006. Membangun Sekolah Unggulan dalam Sistem Pesantren. Alpha; Surabaya.

Haedari, Amin. 2007. Transformasi Pesantren. Media Nusantara; Jakarta.

Rahardjo, Dawam (ed). 1985. Pesantren dan Pembaharuan. LP3S; Jakarta.

Prasodjo Sudjono. 1982. Profil Pesantren. LP3S; Jakarta.

Anhari, Masjkur. 2007. Integrasi Sekolah ke dalam Sistem Pendidikan Pesantren (Tinjauan Filosofis dalam Perspektif Islam). Diantama ; Surabaya.

Ervianto, Wulfram Indri. 2008. “POTENSI PENGGUNAAN SISTEM MODULAR PADA PROYEK KONSTRUKSI”. Jurnal Teknik Sipil volume. 8 no. 2, 2008.

Anyone Corporation. 1999. The MIT Press Cambridge Massachusetts. Anytime; New York.

[

Astuti, Sri. 2018. “KONSEP MODULAR DALAM PERANCANGAN ARSITEKTUR”, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.