PENERAPAN KONSEP REPRESENTATIF PADA DESAIN BENTUK RUMAH SAKIT MATA UNDAAN DI SURABAYA

Erick Tirtakumala, Ika Ratniarsih, Suci Ramadhani

Abstract


Penyakit mata tergolong dalam 10 penyakit yang popular bagi masyarakat Surabaya, Rumah Sakit Mata Undaan mengalami peningkatan pengunjung setiap tahunnya. Sehingga bangunan tersebut perlu adanya pengembangan terkait kapasitas dan fasilitas, Rumah Sakit ini merupakan penyedia pelayanan medis khusus

mata, dengan adanya keistimewaan dalam penanganan penyakit maka karakteristik / identitas pada Rumah Sakit diperlukan guna memberikan ciri khas yang menjadikan Rumah Sakit Mata Undaan berbeda dengan Rumah Sakit khusus lainnya, metode yang digunakan adalah deskriptif, studi lapangan dan studi literatur. Studi kasus dilakukan di Rumah Sakit Islam Jemursari dan Rumah Sakit Haji dan data dari literatur untuk memaksimalkan data.Letak Rumah Sakit ini berada di Jl.Undaan Kulon no.19. dengan luas lahan ±7.648 m2 dan luas bangunan sebesar ±3.790 m2, sedangkan luas area ±3.858 m2 akan digunakan sebagai pengembangan Rumah Sakit pada area belakang, batasan tapak meliputi Perumahan, Panti Asuhan, Perindustrian, dan Taman Kota. Pengembangan fasilitas utama antara lain rawat inap, rawat jalan, operasi, UGD (Unit Gawat Darurat), dan ICU (Intensive Care Unit),  fasilitas pendukung antara lain playground, pujasera, market, dan ruang penelitian.Arsitektur Simbolis diterapkan pada bentuk fasad bangunan berupa saraf mata. Penerapan konsep bentuk “Representatif”, diaplikasikan pada fasad bangunan dengan mengambil komponen mata yaitu, bentuk saraf mata yang menggunakan material ACP (Alumunium Composite Panel) bertekstur halus berwarna merah & biru. Sehingga dengan penerapan tersebut diharapkan dapat mengembangkan Rumah Sakit Mata Undaan dalam aspek estetika bangunan.

Keywords


Pengembangan, Rumah Sakit, Mata, Simbolis, Metafora

Full Text:

PDF

References


Purnama, Dedet. 2007. Kamus Teknik. Jakarta : Mega Aksara halaman. 520.

Rita C. Richey, J. D. K., Wayne A. Nelson. (2009). Developmental Research : Studies of Instructional Design and Development.

Seels, Barbara B. & Richey, Rita C. (1994). Teknologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya. Penerjemah Dewi S. Prawiradilaga dkk. Jakarta: Kerjasama IPTPI LPTK UNJ.

van den Akker J. (1999). Principles and Methods of Development Research. Pada J. van den Akker, R.Branch, K. Gustafson, Nieven, dan T. Plomp (eds), Design Approaches and Tools in Education and Training(pp. 1-14). Dortrech: Kluwer Academic Publishers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.