EVALUASI KINERJA JALAN AKIBAT HAMBATAN SAMPING DI JALAN RAYA TANAH MERAH BANGKALAN

Anugerah Fajriawan Santoso, Theresia Maria Candra Agusdini

Abstract


Buruknya sistem pengelolaan tata guna lahan dan sistem manajemen transportasi ini semakin terlihat di berbagai daerah di kabupaten bangkalan bahkan sering menimbulkan permasalahan yang rumit. Salah satu segmen jalan raya tanah merah bangkalan tepatnya di depan pasar tanah merah bangkalan adalah salah satu lokasi yang sering terjadi macet. Adanya aktivitas samping jalan jalan berupa pasar sering menimbulkan masalah, dimana dampak yang ditimbulkan  akan berpengaruh terhadap arus lalu lintas. Hal ini akan berdampak pada menurunnya tingkat kinerja pada ruas jalan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja jalan pada ruas jalan raya tanah merah bangkalan dan menganalisapengaruh akibat hambatan samping terhadap kinerja jalan pada ruas jalan tersebut berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Dari hasil analisis diketahui bahwa tingkat pelayanan jalan berada pada kelas D, faktor terbesar yang sangat berpengaruh dalam penentuan tingkat pelayanan jalan pada lokasi penelitian adalah adanya aktifitas pasar disisi jalan. Dan hasil analisis hambatan samping pada jalan raya tanah merah ini menunjukkan bahwa ruas jalan memiliki nilai hambatan samping rendah dengan 258,60 kejadian yang diakibatkan oleh adanya aktifitas pasar pada sisi kiri dan kanan jalan, banyaknya kendaraan yang parkir maupun melintas dan tingkat pejalan kaki yang besar sehingga mengurangi lebar efektif badan jalan yang secara langsung berdampak terhadap kinerja ruas jalan itu sendiri. Hal ini mengakibatkan kecepatan aktual ruas jalan menjadi semakin rendah yaitu sebesar 4 km/jam dengan waktu tempuh rata – rata sebesar 0,0537 jam.

Keywords


Hambatan samping, Lebar efektif badan jalan, Tingkat pelayana jalan

Full Text:

PDF

References


Sweroad, PT. Bina Karya (Persero) 1997, “Manual Kapasitas Jalan Indonesia”. Direktorat Jendral Bina Marga.

Funan, Gideon Antoni. 2014. “Studi Kinerja Jalan Akibat Hambatan Samping Di Jalan Timor Raya Depan Pasar Oesao Kabupaten Kupang”. Jurnal Teknik Sipil FST Undana – Kupang, Vol.3 (1).

Lalenoh, Horman Rusdianto. 2015. “Analisa Kapasitas Ruas Jalan Sam Ratulangi Dengan Metode MKJI 1997 Dan PKJI 2014”. Jurnal Sipil Statik, Vol.3 (11).

Nuruzzakiyah. 2016. “Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Lambung Mangkurat Di Pasar Rahmat Kota Samarinda. Skripsi. Samarinda”. Universitas 17 Agustus 1945.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.