DESAIN LAYOUT MOBIL TOKO LAUNDRY SEPATU TOKO THE CLEAN BAR

Ningroom Adiani, Alifia Ayu Rahma Putri

Abstract


Di Indonesia khususnya kota sidoarjo, kesibukan masyarakat sering kali mengakibatkan mereka lupa akan hal mencuci sepatu. Sepatu kotor itu mengakibatkan sepatu mudah rusak, padahal, masyarakat khususnya pegawai kantor umumnya memakai sepatu dalam bekerja. Anak-anak muda juga menyukai memakai sepatu dalam aktivitasnya, khususnya sepatu snekers.
Seringkali pegawai kantor tidak memiliki waktu banyak untuk mencucikan sepatunya. Saat mereka jalan-jalan ke pusat perbelanjaan, mereka menyempatkan mampir ke booth pencucian sepatu untuk sekaligus mencucikan sepatunya. Bagi orang-orang yang tidak sering pergi ke pusat perbelanjaan, hal tersebut tidak bisa dilakukan mereka. Kehadiran mobil laundry sepatu kerumah-rumah penduduk akan menguntungkan bagi mereka yang tidak sempat tersebut.
Metode yang dilakukan yaitu dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Observasi dan wawancara terhadap pemilik usaha laundry tersebut, baik yang menetap di pusat perbelanjaan dan dipinggir jalan Sidoarjo, dilakukan untuk mendapatkan data-data, sehingga desain yamg dihasilkan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Mobil laundry menggunakan kendaraan roda 4 yang memiliki box, box dicustom sesuai dengan kebutuhan aktivitas saat melaundry. Interior di desain sesuai urutan aktivitas pekerja untuk memberikan kenyamanan dan keamanan dalam bekerja.

Keywords


Sidoarjo; Cuci; Sepat; Pusat Perbelanjaan

Full Text:

PDF

References


M. F. Amrullah, “Pengaruh Country of Origin Dan Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Word Division the Effect of Country of Origin and Online Consumer Review on Purchasing of Word Division Shoes,” vol. 6, no. 2, pp. 4145–4155, 2019.

B. Indo et al., “Food truck merupakan kendaraan bermotor yang di lengkapi dengan peralatan memasak atau biasa di sebut mini kitchen yang di buat sedemikian rupa agar dapat di muat food ruck yang di nilai kurang ergonomi dan dimasukan dalam mini bus yang berupa showcase ca,” no. 98, pp. 1–5, 2010.

Y. Alexander, “Perancangan Alat Bantu Perpindahan Barang yang Ergonomis ( Studi Kasus Di PT .” X ”, Bandung ) Design of Ergonomic Displacement Devices ( Case Study at PT . ‘ X ’, Bandung ),” pp. 230–251.

Panero, Julius. (1979). Human Dimension and Interior Space; a Source Book of Design Reference Standard. New York: Whitney Library of Design.

http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/195706131985031-MAMAN_ABDURAHMAN_SAEPUL_R/METODE_PENELITIAN/Presentation_MIXED_METHOD.pdf

N. Adiani et al., “Adiani, N., Mardiana, C., P, R. A. P. P., Faisal, A., Desain, J., Institut, P., Adhi, T., & Surabaya, T. (2009). DESAIN GRAFIS TOTEBACKPACK ANTI AIR UNTUK PRIA. 1–5.DESAIN GRAFIS TOTEBACKPACK ANTI AIR UNTUK PRIA,” pp. 1–5, 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.