DESAIN SEPEDA MOTOR LISTRIK UNTUK MOBILITAS MASYARAKAT DI PERKOTAAN

Erick Darwin Dimitri, Hamdan Bahalwan

Abstract


Polusi udara menjadi persoalan serius di beberapa kota besar di Indonesia. Polusi udara banyak disumbang oleh kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat. Laju peningkatan jumlah kendaraan bermotor yang sangat pesat dari tahun ke tahun menimbulkan permasalahan yang serius, yakni kemacetan dan juga polusi udara. Sepeda motor listrik merupakan alternatif dari sepeda motor konvensional yang tidak ramah lingkungan. Namun, sepeda motor listrik jarang dilirik oleh masyarakat. Peneliti tertatrik untuk mengembangkan desain sepeda motor listrik agar diminati oleh masyarakat sebagai salah satu alternatif kendaraan untuk mobilitas sehari-hari. Penelitian ini menggunakan data sekunder dan juga studi pembanding produk yang sudah ada di pasar. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT (strength, weakness, opportunities, threats) dan analisis desain. Analisis desain dimulai dengan menganalisis bentuk yaitu model dan rangka, ergonomi yang meliputi lampu, speedometer, rem, spion, penempatan instrument, port charger, dan ruang penyimpanan. Kemudian menganalisis material rangka dan body, warna, antropometri dari posisi berkendara, kelengkapan sepeda motor listrik dari roda, suspensi depan dan belakang, kemudian menganalisa teknologi motor listrik. Hasil dari penelitian ini adalah sepeda motor listrik berbentuk moped yang memiliki konsep desain urban modern. Warna yang digunakan adalah warna monochrome.

Keywords


Desain; Listrik; Mobilitas; Sepeda Motor

Full Text:

PDF

References


T. Subronto, “Ini Alasan Sepeda Motor Listrik di Indonesia ‘Kurang Laku,’” Carmudi Indonesia, May 27, 2018. https://www.carmudi.co.id/journal/ini-alasan-sepeda-motor-listrik-di-indonesia-kurang-laku/ (accessed Dec. 21, 2020).

A. Sachari, “Seni rupa dan Desain SMA,” Jkt. Erlangga, 2004.

Presiden Republik Indonesia, “PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 55 TAHUN 2012 TENTANG KENDARAAN,” 2012.

“A Beginner’s Guide to Types of Motorcycles,” Motorcycle Legal Foundation, Jul. 07, 2018. https://www.motorcyclelegalfoundation.com/types-of-motorcycles/ (accessed Dec. 21, 2020).

G. Susanta and S. Agustoni, Kiat hemat bayar listrik. jakarta: penebar swadaya, 2007.

P. Indonesia, Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang pemerintahan daerah. Bagian Proyek Peningkatan Publikasi Pemerintah, Direktorat Publikasi, Ditjen …, 1999.

E. M. Setiadi and U. Kolip, Pengantar sosiologi politik. Kencana, 2013.

sritomo wignjosoebroto, ERGONOMI STUDI GERAK DAN WAKTU : TEKNIK ANALISIS UNTUK PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA, ED.I. surabaya: guna widya, 2008.

Z. Djunaidi and R. Arnur, “Risiko Ergonomi Ketidaksesuaian Desain dan Ukuran Tempat Duduk Sepeda Motor terhadap Antropometri pada Mahasiswa,” Kesmas Natl. Public Health J., vol. 9, no. 3, p. 243, Apr. 2015, doi: 10.21109/kesmas.v9i3.571.

R. Ginting, Perancangan Produk, Graha Ilmu. Yogyakarta, 2010.

H. Bahalwan, “Kajian Psikologi Desain, Desain Interface Speedomete


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.