REDESAIN KURSI TUNGGU PENUMPANG UNTUK TERMINAL BUNGURASIH

Muhammad Ridho Azizul Hakim, Ningroom Adiani

Abstract


Terminal Purabaya memiliki banyak trayek dan mempunyai fasilitas pendukung yang lengkap membuat Terminal Purabaya ini merupakan terminal terbesar dan tersibuk di Indonesia. Dengan banyaknya trayek bus maka banyak pula pengunjung atau penumpang yang datang di Terminal Purabaya. Dan dikarenakan destinasi dan jarak tempuh yang berbeda-beda membuat banyak penumpang lebih lama menunggu bus yang akan mengantarkan ke destinasi yang dituju penumpang. Penumpang atau pengunjung yang sedang menunggu lebih banyak duduk dikursi tunggu yang ada diruang tunggu telah disediakan oleh pihak terminal. Kursi tunggu yang ada belum ada tempat charger, dan juga tempat untuk meletakkan barang, dll. Maka perlu redesain tersebut. Peneliti melakukan studi kasus dan mengambil data-data yang diperlukan di dua terminal yaitu Terminal Purabaya dan Terminal Osowilangun. Metode pencarian dan pengumpulan data yaitu kualitatif dan kuantitatif, dimana pemilihan desain akan dipilih melalui kuisoner dan analisis ergonomi. Karena ada beberapa pengunjung atau penumpang yang mengeluhkan kurang nyaman jika duduk dengan durasi lebih dari 10 menit. Data-data diperlukan agar bisa tercipta kursi tunggu yang memberikan kenyamanan dan fungsi lebih daripada kursi tunggu yang sudah ada. Hasil dari penelitian ini adalah kursi tunggu penumpang yang ditujukan untuk Terminal Purabaya.

Keywords


Kursi Tunggu; Pengunjung; Terminal Purabaya

Full Text:

PDF

References


Dishub, “Terminal,” Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya. https://dishub.tasikmalayakota.go.id/p/terminal (accessed Feb. 12, 2021).

“DESAIN PRODUK DAN TANTANGAN INDUSTRI KREATIF DI ERA NEW NORMAL - Researchgate.net

"https://www.researchgate.net/publication/343294589_DESAIN_PRODUK_DAN_TANTANGAN_INDUSTRI_KREATIF_DI_ERA_NEW_NORMAL.” .

J. X. Belo, “Kursi Ruang Tunggu Bandara Timor Leste dengan Motif Kain Tais,” p. 4.

A. H. Reyhan, “DESAIN TEMPAT DUDUK PRIORITAS UNTUK LANJUT USIA DI RUANG TUNGGU STASIUN,” p. 1.

. A. and A. Y. Pratama, “PERANCANGAN KURSI TUNGGU UNTUK IBU HAMIL DAN LANSIA PADA STASIUN KERETA SECARA ERGONOMIS,” J. Ilm. Tek. Ind., vol. 4, no. 3, Mar. 2018, doi: 10.24912/jitiuntar.v4i3.1545.

“Logo Kota Surabaya Vector, AI, EPS, CDR,” Kampung Designer. https://www.kampungdesigner.com/downloads/logo-kota-surabaya-vector-ai-eps-cdr/ (accessed Dec. 19, 2020).

“Asal Usul Surabaya serta Simbol ‘Sura’ dan ‘Baya’ - Kompasiana.com.” https://www.kompasiana.com/infokepegawian/55813cd5b77a6149048b4612/asal-usul-surabaya-serta-simbol-sura-dan-baya (accessed Dec. 19, 2020).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.