KONSEP RANCANGAN ARSITEKTUR ISLAM VERNAKULAR PADA DESAIN BENTUK PESANTREN MATHOLI’UL ANWAR LAMONGAN

Cindra Adam Haekal, Suci Ramadhani, Esty Poedjioetami

Abstract


Pondok Pesantren Matholi’ul Anwar yaitu sebuah pengembangan pesantren yang ada dari jenis pesantren tsalafiyah bermutasi menjadi jenis pesantren semi modern, dengan adanya pengembangan sehingga diperlukan perencanaan dan perancangan pondok pesantren tersebut.

Dalam perencanaan dan perancangan pondok pesantren tersebut menggunakan pendekatan tema Arsitektur Islam Vernakular selalu dimasukkan ke dalam setiap aspek dan diikuti dengan bentukan yang memiliki kesan corak bangunan Islam di tanah Jawa, dengan mikro konsep bentuk Islam budaya di tanah Jawa dengan harapan mampu menciptakan suasana dimana awal masuknya Islam ditanah Jawa sehingga bisa mejadi sebuah daya tarik yang khas dan mikro kosep tatanan lahan rekreatif sebagai penstabil kebosanan pengguna serta mikro konsep ruang dinamis sebagai wadah penggemblengan Islam kepesantrenan dengan aktivitas didalamnya.

Pengaplikasian hasil rancangan pada tatanan lahan konsep rekreatif yaitu penataan area gazebo, area air mancur, area mini zoo dan area playground sebagai 4 point utama dengan pemaksimalan vegetasi serta sirkulasi dan pembatas yang jelas antara santri putra dan putri dan bentukan bangunan terdapat ornamen kaligrafi kufic pada kolom balok bangunan, pengunaan atap tumpuk tajuk 3 yang mempunyai makna Islami serta ruang pengaplikasian soko guru dan juga adopsi bentukan gapura di Jawa Timur.



Keywords


Pondok Pesantren; Arsitektur Islam Vernakular

Full Text:

PDF

References


F. Teknik and U. Negeri, “copyright 29,” pp. 29–38.

R. Bhaswara, “( RE ) Interpretasi Arsitektur Vernakular: Humanis, Progresif dan Kontekstual dalam Peradaban Manusia,” J. Arsit. Univ. bandar lampung, vol. 1, no. 1, pp. 10–15, 2010.

A. Muhakamurrohman, “Pesantren: Santri, Kiai, Dan Tradisi,” IBDA` J. Kaji. Islam dan Budaya, vol. 12, no. 2, pp. 109–118, 1970, doi: 10.24090/ibda.v12i2.440.

F. Ushuluddin, D. A. N. Filsafat, and U. I. N. A. Makassar, “KONSEP SUFISTIK DALAM TAREKAT NAQSYABANDIYAH,” 2011.

W. Fitriyah, A. H. Wahid, and C. Muali, “Eksistensi Pesantren dalam Pembentukan Kepribadian Santri,” Palapa, vol. 6, no. 2, pp. 155–173, 2018, doi: 10.36088/palapa.v6i2.73.

Ramadhani A N. dan Faqih M. 2016. “Pendekatan Vernakular Kontemporer dalam Desain Pasar Wisata Apung Surabaya di Area Mangrove Wonorejo”. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Surabaya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.