KONSEP ART THERAPY PADA RANCANGAN RUMAH SAKIT KHUSUS ONKOLOGI SEBAGAI METODE PENYEMBUHAN PASIEN KANKER

Muhammad Husien Ardiansyah, Suci Ramadhani, Sukarnen Sukarnen

Abstract


Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh . Pertumbuhan sel abnormal ini dapat merusak sel normal di sekitarnya dan di bagian tubuh yang lain.  sedangkan gejala-gejala gangguan psikologis yang bisa muncul pada pasien yang sudah mengalami kanker adalah kemarahan, kecemasan, depresi, dan tidak mempunyai harapan. Kondisi ini jika tidak ditangani dengan baik akan memperburuk kesehatan pasien kanker dan menyebabkan penurunan kualitas hidupnya, art therapy merupakan kombinasi antara teknik-teknik terapi psikologis dan proses kreatif untuk meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan seseorang. Tujuan dari art therapy adalah untuk memanfaatkan proses kreatif untuk membantu seseorang mengeksplorasi diri, sehingga nantinya akan membantu orang tersebut dalam menghadapi permasalahan. Art Theraphy sendiri dibagi menjadi 2 bagian, yang pertama therapi secara psikis audio & therapi Secara psikis visual. Therapi secara psikis audio ini diterapkan pada material ruang yang kedap suara agar tidak bising dan sampai mengganggu pasien, dan untuk therapi Secara psikis visual diterapkan pada warna pada ruangan agar pasien nyaman dan tidak mudah bosen berada di ruangan dalam waktu yang lama.


Keywords


Interior; Kanker, Rancangan; Rumah sakit; Seni Pengobatan

Full Text:

PDF

References


Djikstra, K. (2009). Understanding Healing Environments: Effects of Physical Environmental Stimuli on Patiens’ Effects of Health and Well-Being. Netherlands: University of Twente.

Djojodibroto, R. D. (2019). Kiat mengelola rumah sakit.

Guy, S., & Farmer, G. (2001). Reinterpreting sustainable architecture: the place of technology. Journal of Architectural Education, 54(3), 140–148.

Indonesia, K. B. B. (1990). Depdikbud. Jakarta: Balai Pustaka.

Malkin, J. (1991). Hospital interior architecture: Creating healing environment for special patient populations. Van Nostrand Reinhold Company.

Muller, E. K. (2012). Urban blueways: John Ormsbee Simonds and riverfront planning. Journal of Planning History, 11(4), 308–329.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.