ANALISIS PERBANDINGAN PENGGUNAAN KOLOM KONVENSIONAL DAN KOLOM BERBENTUK KHUSUS (SPECIAL SHAPED COLUMN) PADA GEDUNG BERTINGKAT SEDANG

Abdullah Indra Pratama, Eka Susanti

Abstract


Pentingnya permasalahan terhadap pengurangan luas ruang pada sebuah bangunan akibat kolom konvensional dapat diupayakan dengan penggunaan struktur kolom pipih atau kolom dengan bentuk penampang asimetri (kolom berbentuk khusus) yang meliputi bentuk L, T dan + (plus) dengan menyesuaikan konfigurasi peletakan kolom pada denah. Pada penelitian ini, membandingkan analisis pembangunan apartemen beton bertulang dengan penggunaan kolom konvensional dan kolom berbentuk khusus untuk gedung bertingkat dengan kategori ketinggian sedang sejumlah 6 lantai. Analisis berdasarkan beberapa tipe kolom khusus dengan ketebelan 20 cm. Kondisi bangunan terletak pada tanah keras dan berlokasi di Surabaya. Jenis sistem strukturnya adalah SRPMM (Sistem Rangka Pemikul Momen Menengah). Desain beban gempa serta desain struktur merujuk pada SNI 1726:2019dan SNI 2847:2019. Kontrol perilaku struktur yang dilakukan meliputi kontrol terhadap simpangan, periode dan partisipasi massa. Sehingga, menghasilkan gaya dalam yang digunakan sebagai dasar perencanaan penulangan elemen balok, kolom dan sambungan balok-kolom. Hasil penelitian menunjukkan, pemodelan kolom khusus hanya dapat dilakukan dengan cara custom section (section designer), simpangan antar tingkat (arah Y) kolom khusus lebih kecil daripada kolom konvensional (berturut-turut 38,07 mm dan 39,852 mm) dan ragam partisipasi massa menunjukkan kolom khusus lebih getas atau fleksibel daripada kolom konvensional (Tkhusus = 0,756 det > Tkonvensional = 0,698 det).


Keywords


Kolom berbentuk khusus; Gedung tahan gempa; Kolom

Full Text:

PDF

References


Atickur Rahaman, A. M. (2018). Effect of Special Shaped Column on Lateral Load Resistance Capacity of Reinforced Concrete (RC) Building. Science Publising Group Vol. 6, No. 5, 147-153.

Badan Standarisasi Nasional. (2019). Persyaratan beton struktural untuk bangunan gedung dan penjelasan SNI 2847:2019. Jakarta: Standar Nasional Indonesia.

Badan Standarisasi Nasional. (2019). Tata cara perencanaan ketahanan gempa untuk struktur bangunan gedung dan nongedung SNI 1726:2019. Jakarta: Standar Nasional Indonesia.

Sawant, A. S. (Vol. 3, Issue 1, Tahun 2017). Comparison of R.C.C. (Reinforcement Concrete Column) Frames with Rectangular and Special Shaped Columns. Journals Pub, 57-66.

Steven Limbongan, S. O. (2016). Analisis Struktur Beton Bertulang Kolom Pipih pada Gedung Bertingkat. Jurnal Sipil Statik Vol. 4, No. 8, 499-508.

Umum, D. P. (1987). Pedoman perencanaan pembebanan untuk rumah dan gedung. Jakarta: Yayasan Badan Penerbit PU.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.