PERHITUNGAN KINERJA JALAN TERHADAP HAMBATAN SAMPING PADA RUAS JALAN GAJAH MADA KECAMATAN GENTENG BANYUWANGI

Faqih Zulham Nawwaf, Willy Kriswardhana, Akhmad Hasanuddin

Abstract


Salah satu faktor penting dalam hambatan samping berupa kendaraan keluar masuk, penyeberangan, dan kendaraan lambat. Ruas jalan Gajahmada dipilih sebagai lokasi penelitian pada ruas tersebut memiliki dua tipe jalan yaitu 2/2 UD dan 4/2 D serta pada ruas tersebut sering terjadi kemacetan pada jam puncak dikarenakan tingginya aktivitas sisi jalan berupa banyaknya kendaraan berhenti, parkir di badan jalan, penyeberangan jalan, kendaraan tak bermotor, kendaraan yang keluar masuk sisi jalan yang mempengaruhi arus lalu lintas di daeah tersebut.

pengambilan data dilakukan secara langsung dilapangan untuk volume lalu lintas dan hambatan samping, sedangkan pada kecepatan dilakukan dengan alat speed gun. Selanjutnya melakukan perhitungan dengan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) tahun 1997 untuk perhitungan volume lalu lintas, kecepatan dan kapasitas jalan sedangkan untuk pengaruh hambatan samping terhadap derajat kejenuhan dengan menggunakan regresi dengan bantuan Microsoft Excel dan perhitungan analisis statistik.

Hasil survei bahwa tingginya aktivitas sisi jalan atau hambatan samping cukup berpengaruh terhadap tingkat kinerja jalan, pada tipe jalan 2/2 UD memiliki faktor pengaruh hambatan samping sebesar 52,8 % terhadap derajat kejenuhan dan hasil derajat kejenuhan terbesar yaitu 0,60. Sedangkan Pada tipe jalan 4/2 D tidak memiliki pengaruh pada hambatan samping karena pada kondisi dilapangan hambatan samping sangat rendah dan derajat kejenuhan terbesar hanya 0,24.


Keywords


Hambatan samping; Derajat Kejenuhan; Kinerja Jalan

Full Text:

PDF

References


E. N. Almaut, S. AS, and S. N. Kadarini, “Analisa kapasitas dan kinerja ruas jalan perintis kemerdekaan pontianak,” vol. l, pp. 1–10, 2016.

Y. Retnowati, K. Erwan, and Said, “Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Bundaran Jalan Sutan Syahrir – Jalan Selayar – Jalan Prof. Dr. Muh. Yamin – Jalan Dr. Sutomo Di Kota Pontianak,” J. Mhs. Jur. Tek. Sipil untan, vol. 3, no. 3, 1997.

G. A. Sondakh Marunsenge James Timboeleng and L. Elisabeth, “Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Pada Ruas Jalan Panjaitan (Kelenteng Ban Hing Kiong) Dengan Menggunakan Metode Mkji 1997,” J. Sipil Statik, vol. 3, no. 8, pp. 571–582, 2015.

A. D. Pebrianti, “Analisis hubungan antara kecepatan dengan kecelakaan akaan di ruas jalan hayam wuruk kabupaten jember,” 2020.

J. Perkotaan and D. Isi, “Mkji : jalan perkotaan,” 1996.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.