EVALUASI KINERJA PELAYANAN STASIUN KERETA API SIDOARJO BERDASARKAN STANDAR PELAYANAN MINIMUM DAN IPA (IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS)

Wahyu Dimas Kurniawan, Kurnia Hadi Putra

Abstract


Kabupaten Sidoarjo memiliki stasiun kelas satu atau kelas sedang yang terletak di Lemahputro Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo. Berdasarkan peraturan Menteri Perhubungan 33 tahun 2011, dikatakan stasiun kelas sedang karena memiliki fasilitas operasi, frekuensi lalu lintas, hingga fasilitas penunjang lainnya. Stasiun yang terletak pada ketinggian +4 meter ini termasuk dalam Daerah Operasi VIII Surabaya. . Fasilitas di stasiun ini juga cukup lengkap, mulai dari pelayanan loket, boarding pass, hingga check-in mandiri. Namun masih ada beberapa fasilitas dan pelayanan yang kurang.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pelayanan Stasiun Sidoarjo apakah sudah sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum (SPM) dan mengetahui kepuasan pengguna jasa terhadap fasilitas dan pelayanan yang ada di Stasiun Sidoarjo dengan mengunakan metode IPA (Importance Performance Analysis). Dikarenakan kondisi saat penelitian ini dilaksanakan terjadi pandemic Covid-19 maka survei dilakukan secara online menggunakan Google Formulir dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Untuk kelengkapan fasilitas fasilitas stasiun Sidoarjo sudah lengkap sesuai Standar Pelayanan Minimum. Untuk kepuasan pengguna jasa Stasiun Sidoarjo mereka sudah merasa cukup puas namun untuk sektor pelayanan petugas dan kebersihan toilet pada Stasiun Sidoarjo mereka merasa kurang puas. Jika dilihat dari diagram kartesius yang masuk kedalam kuadran I sebagian besar adalah pelayanan yang diberikan oleh petugas dan kebersihan stasiun. Yang berarti Stasiun Sidoarjo harus lebih meningkatkan kualitas pelayanan petugas dan kebersihan pada stasiun.


Keywords


Stasiun Sidoarjo; Importance Performance Analysis; Standar Pelayanan Minimum

Full Text:

PDF

References


Anggraini, LD, Deoranto, P, Ikasari, DM. 2015. Analisis Persepsi Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index. 4(2):74-81

Dwi Estri, dkk. 2017. Evaluasi Kinerja Pelayanan Stasiun Kereta Api Bogor Di Kota Bogor, Jawa Barat. [jurnal]. Cilegon (ID): Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Fauzi MR. 2016. Evaluasi Kinerja Pelayanan Stasiun Kereta Api Probolinggo. [skripsi]. Jember (ID): Universitas Jember.

Hendri Bowoputro, dkk. 2016. Evaluasi Kinerja Stasiun Kereta Api Malang Kota Baru Berdasarkan SPM K.A Dan IPA. [jurnal]. Malang (ID): Universitas Brawijaya.

Ho, LH, Feng, SY, Yen TM. 2014. Using Modified IPA to Improve Service Quality of Standard Hotel in Taiwan. Vol.1 number 7, June 2014. 222-234. Diambil dari: http://www.scrip.org/journal/jssm/http://dx.doi.org.10.4326/jssm.2014.73020

Ong, JO, Pambudi, J. 2014. Analisis Kepuasan Pelanggan Dengan Importance Performance Analysis di SBU Laboratory Cibitung PT. Sucifindo (PERSERO). 9(1):1-10

Peraturan Menteri Perhubungan No. 48 Tahun 2015 Tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api. 2015. Jakarta: Kementerian Perhubungan.

Peraturan Menteri Perhubungan No. 33 Tahun 2011 Tentang Jenis, Kelas dan Kegiatan di Stasiun Kereta Api. 2011. Jakarta: Kementerian Perhubungan.

Redaksi. 2016. Menggagas Pengembangan Potensi Wisata di Kabupaten Sidoarjo. Diambil dari: http://www.visioner.id/opini/10277/menggagas-pengembangan-potensi-wisata-di-kabupaten-sidoarjo.html. Akses : 2020.

Risma Kiki Kirana, dkk (2017). Kajian Kinerja Stasiun Kereta Api Studi Kasus Stasiun Kediri dan Stasiun Mojokerto. [jurnal]. Malang (ID): Universitas Brawijaya.

Sugiyono, Mulyatiningsih Endang (Ed). 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV ALFABETA.

Supranto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2007 Tentang Perkeretaapian. 2007. Jakarta: Sekretariat Negara.

Wikipedia. 2020. Stasiun Sidoarjo. Penjelasan stasiun kereta api Sidoarjo. Diambil dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Stasiun_Sidoarjo. Akses : 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.