Analisis Bangkitan Pergerakan Berdasarkan Karakteristik Rumah Tangga pada Perumahan Griya Jetis Permai Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto

Fanny Bimantara Putra, Theresia Maria Candra Agusdini

Abstract


Kota Mojokerto adalah sebuah kota yang berada di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota Mojokerto mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Banyak tata guna lahan seperti perumahan pada kota tersebut. Salah satunya adalah perumahan Griya Jetis Permai yang berlokasi di Jetis. Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto. Pada lokasi tersebut perumahan Griya Jetis Permai menuju jalan arteri Mojokerto-Sidoarjo kurang lebih hanya 1 km, hal ini menyebabkan terjadi pembebanan pada jalan arteri Mojokerto-Sidoarjo. Pada hal tersebut penduduk perumahan Griya Jetis Permai rata-rata keluar dari perumahan untuk sekolah, bekerja, belanja dan lainnya.

Dari aspek-aspek tersebut dapat menjadi alasan kenapa peneliti memilih perumahan Griya Jetis Permai sebagai lokasi penelitian. Dan tujuan penelitian tersebut untuk membuat pemodelan bangkitan pergerakan pada perumahan Griya Jetis Permai. Pada penelitian kali ini menggunakan data primer dan sekunder serta menggunakan metode regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS (Statistic Product and Solution Service) 21.

Variabel bebas terdiri dari jumlah anggota keluarga (X1), Jumlah kepemilikan kendaraan (X2), Pendapatan rata-rata (X3), Jumlah anggota keluarga yang bersekolah (X4), dan jumlah anggota yang bekerja (X5). Berdasarkan hasil dari analisis data dapat diperoleh model persamaan Y = 1.536 + 0.087 X2 + 0.720 X4 + 0.613 X5 dengan faktor yang paling perpengaruh adalah X2 jumlah kepemilikan kendaraan, X4 jumlah anggota keluarga yang bersekolah, dan X5 jumlah keluarga yang bekerja.


Keywords


Bangkitan; Karakteristik; Pemodelan bangkitan; Analisis Regresi Linear

Full Text:

PDF

References


Fana, Lutfin. 2018. Kecamatan Jetis Dalam Angka 2018. Mojokerto : Bps Kabupaten Mojokerto.

Fredick Toga Panjaitan, Hans. 2017. Bangkitan Perjalanan Menuju Sekolah dan Perguruan Tinggi Dari Zona Perumahan. Sumatera Utara : Universitas Sumatera Utara.

Nurcahyanto, guntur. 2014. Uji instrument penelitian. [E-book]. Diakses tanggal 21 Oktober 2020.

Machali, Imam. 2015. Statistik Itu Mudah. Yogyakarta : Lembaga Ladang Kata.

Muhazar. 2013. Analisa Bangkitan Perjalanan Pada Daerah Relokasi.Skripsi tidak diterbitkan. Banda Aceh: Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar.

R.E Manoppo, Mecky dan Theo K. Sendow. 2011. Analisa Bangkitan Pergerakan dan Distribusi Perjalanan Di Kota Manado. Manado : Universitas Sam Ratulangi.

Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : CV. ALFABETA.

Suryadi, Renni Anggraini, dan Azmeri. 2017. Analisa Bangkitan Pergerakan Pada Kawasan Lampulo Kota Banda Aceh. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala.

Sarwono, Jonathan. 2013. Statistik Untuk Riset Skripsi. Yogyakarta : Andi.

Tamin, ofyar Z. 2000. Perencanaan & Pemodelan Transportasi. Bandung : ITB


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.