KAJIAN KEBERADAAN TROTOAR PADA KORIDOR JALAN DI PUSAT KOTA

Siti Azizah

Abstract


Pusat kota pada kota-kota besar umumnya selalu dipadati dengan aktifitas pusat perdagangan dan perkantoran. Aktifitas tersebut akan melibatkan pergerakan manusia dari satu tempat ke tempat lain. Pergerakan itu akan membutuhkan antara lain sarana pejalan kaki yaitu berupa Trotoar.

Menurut Shirvani, Sistem Trotoar yang baik akan dapat mengurangi ketergantungan penggunaan kendaraan pada kawasan pusat kota, meningkatkan perjalanan ke pusat kota dan pada akhirnya mengurangi kepadatan lalu lintas dan meningkatkan kualitas lingkungan. Kajian keberadaan Trotoar pada koridor jalan pusat kota ini akan mengkaji keberadaan trotoar di koridor jalan pusat kota dari 2 (dua) kota besar di Indonesia yaitu kota Surabaya dan Jakarta.
Faktor yang akan dikaji pada keberadaan Trotoar di Koridor Pusat kota adalah adanya Interupsi pada trotoar, yaitu besarnya gangguan pada pejalan kaki yang berupa antara lain pintu masuk pertokoan dan perkantoran, halte bus, tangga penyeberangan, dll. Factor lainnya adalah Lebar trotoar yang akan menentukan kenyamanan pejalan kaki di pusat kota.

Pada Hasil pembahasan akan memperlihatkan keberadaan Trotoar di pusat kota dapat membantu untuk meningkatkan budaya berjalan kaki yang pada akhirnya bisa mengurangi jumlah kendaraan yang pada akhirnya bisa mengurangi polusi udara sehingga membentuk kota yang nyaman.


Keywords


Trotoar; Pusat kota

Full Text:

PDF

References


Ashihara, Yoshinobu, 1983, Exterior Design in Architecture, diterjemahkan oleh S. Gunadi , Merancang Ruang Luar, PT Dian Surya, Surabaya.

Rubinstein, Harvey M, A Guide to Site and Environmental Planning, diterjemahkan oleh Gunadi, Sugeng, 1989, Pedoman Perencanaan Tapak dan Lingkungan, Utama Press, Surabaya.

http://www.pikiran-rakyat.com/ , Pemkot Bandung Harus Konsisten, Selasa, 31 Maret 2009, Pikiran rakyat online

http://id.wikipedia.org/wiki/Trotoar

Setiadi, Amos, 2004, Konsepsi Ruang Pejalan Kaki, Jurnal Arsitektur Komposisi, FT Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Vol.2 No 1, Yogyakarta , April 2004

Shirvani, Hamid, 1985, Urban Design Process, Van Nostrand Reinhold Company, New York

Surakhmad, Winarno, 1994, Pengantar Penelitian Ilmiah, Tarsito , Bandung.

Ulterman, Richard K, 1984, Accomodating The Pedestrian Adapting Town and Neighboohood for Planning and Bicycling, Van Nostrand Reinhold Company, New York.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.